Lifestyle

Mengapa Minum Kopi Bisa Bikin Berdebar Hingga Mual

0
Kebiasaan Minum Kopi

STARJOGJA.COM, Minum kopi sudah menjadi budaya dan gaya hidup bagi orang Indonesia. Namun, alih-alih menyegarkan dan menghilangkan kantuk, minum kopi terkadang justru membuat perut menjadi sakit dan tidak nyaman, atau jantung menjadi berdebar-debar.

Lantas, apa penyebabnya?

Menghadapi permasalahan kopi hitam yang kerap kali menimbulkan masalah pada lambung dan menimbulkan rasa berdebar, Product Research and Development Manager Tomoro Coffee mengatakan bahwa permasalahan itu tergantung pada jenis kopi dan kadar kafeinnya.

“Di kopi Robusta, kadar kafeinnya tinggi, kafein itu memacu pergerakan asam lambung jadi bikin asam lambung naik dan deg degan. Maka dari itu kita [Tomoro Coffee] pakai arabica full, jadi aman,” jelasnya.

Senada, mengutip dr. Powell O. Jose dari Sutter Medical Center, AS, menjelaskan bahwa kandungan kafein dalam kopi memang memiliki banyak efek pada sistem saraf pusat, serta jantung.

Biasanya kebanyakan orang akan mengalami peningkatan detak jantung, yang derajatnya berbeda-beda pada setiap individu setelah mengonsumsi kopi.  Namun, besarnya peningkatan detak jantung tersebut bergantung pada berbagai faktor antara lain jumlah kafein yang dikonsumsi, frekuensi konsumsi, ukuran tubuh seseorang, fisiologi, dan lainnya.

Baca juga : 14 Tahun Star FM : Terimakasih Para Mitra

Oleh karena itu, kepekaan terhadap kafein bersifat unik pada setiap individu. Efek kafein umumnya dimulai segera setelah dikonsumsi paling cepat sekitar 15 menit dan dapat berlangsung berjam-jam. Namun, perlu kembali diingat bahwa dampak dari kafein bervariasi tergantung pada konsentrasi plasma kafein dalam darah.

Adapun, terkait dengan peningkatan detak jantung, selama seseorang tidak mengalami gejala seperti sakit kepala ringan atau pusing, peningkatan detak jantung yang bersifat sementara dan tidak berkelanjutan seharusnya tidak menimbulkan efek yang merugikan.

Oleh karena itu, dr. Powell merekomendasikan untuk minum kopi atau minuman mengandung kafein tidak lebih dari satu atau dua cangkir setiap hari, karena jumlah yang lebih tinggi terkadang dapat menyebabkan seseorang terkena aritmia jantung, jika kafein dikonsumsi berlebihan.

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Spesialis Perankan Tokoh Webtun, Ini Sejumlah Drama Cha Eun-woo

Previous article

Arsenal Vs Sevilla, The Gunners Menang di Kandang Los Rojiblancos

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle