Kab SlemanNews

 Aplikasi SIMANTAB, Sistem Digitalisasi Penanggulangan Bencana Sleman

0
Aplikasi SIMANTAB
Aplikasi SIMANTAB (sleman)
  STARJOGJA.COM, Info  –  Aplikasi SIMANTAB  (Sistem Informasi Sleman Tangguh Bencana) milik Pemerintah Kabupaten Sleman terus dikembangkan. Sistem digitalisasi penanggulangan bencana ini dapat diunduh melalui Google Play.

Aplikasi SIMANTAB Sleman dirancang sebagai media informasi kesiapsiagaan dan pelaporan bencana. Melalui SIMANTAB masyarakat tidak hanya mendapat informasi bencana, tetapi juga bisa melaporkan kejadian bencana yang ada di sekitarnya.

Menurut Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, aplikasi SIMANTAB merupakan pengembangan dari aplikasi yang sebelumnya bernama Lapor Bencana Sleman atau SDIS. Ada penambahan fitur dan menu baru.

“Penambahan dan penyempurnaan aplikasi kebencanaan ini sebagai upaya optimalisasi pelayanan. Orientasinya meningkatkan kemudahan, kecepatan, dan keamanan,” ungkap Danang Maharsa, Senin 30 Oktober 2023, di Sleman.

Kata Danang Maharsa, melalui SIMANTAB bisa memastikan jarak aman posisi kita dari ada bencana. Ada menu status gunung Merapi dan menjelaskan posisi kita berada di mana. Memanfaat sistem informasi geospasial.

“Warga dan juga wisatawan yang berkunjung ke Sleman bisa download. Ini aplikasi sudah didukung dengan sistem informasi geospasial, guna menjamin rasa aman saat berkunjung ke Merapi,” ujarnya.

Lanjut Danang Maharsa, kita juga bisa memonitor kondisi gunung Merapi lebih real-time melalui menu Merapi Live yang ada dalam aplikasi SIMANTAB. Ada juga informasi tempat-tempat evakuasi yang ada di sekitar gunung Merapi di menu Pandu Timan.

“Kami Pemerintah Sleman komitmen untuk memberikan pelayanan melalui inovasi digital. Pengembangan SIMANTAB ini berkat adanya kerja sama BPBD Sleman dengan OPD lain,” ungkap Danang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan, berharap masyarakat semakin sadar bencana dengan menginstal SIMANTAB. Ia mengakui, aplikasi Lapor Bencana Sleman yang dirilis tahun 2019 lalu masih belum optimal.

“Semoga redesign dan penyempurnaan aplikasi ini meningkatkan jumlah pengguna. Masyarakat semakin sadar bencana,” kata Makwan.

Makwan menambahkan, di aplikasi SIMANTAB masyarakat bisa memperoleh nomor-nomor penting terkait kebencanaan dan pelayanan umum, seperti Basarnas, Pemadam Kebakaran, PLN, dan BPPTKG.

“PLN, BPPTKG, Basarnas dan sejumlah nomor lainnya,” ungkap Makwan.

Bayu

Suka Begadang dan Tidak Olahraga? Waspada Risiko Stroke

Previous article

Tim Garuda UNY Membawa Prestasi Dalam KMHE

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman