Lifestyle

Picu Asam Urat, Hindari Makanan Tinggi Purin Ini

0
Dampak Konsumsi Seafood Berlebihan

STARJOGJA.COM, Asam urat atau gout banyak dialami orang Indonesia. Untuk menghindarinya, jangan konsumsi 10 makanan tinggi purin ini secara berlebihan.

Asam urat atau gout merupakan radang sendi yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi seperti pergelangan kaki, lutut, dan paling sering menyerang jempol kaki.

Penyakit asam urat sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Penderitanya disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi purin karena zat ini memicu kambuhnya asam urat.

Berikut sejumlah makanan tinggi purin penyebab asam urat dari berbagai sumber:

Jeroan

Jeroan seperti hati dan lidah tinggi akan purin, senyawa yang cenderung diubah tubuh Anda menjadi asam urat. Hindari ini mengonsumsi bahan makanan ini.

Daging merah

Daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba memang tinggi protein. Namun, daging-daging ini tergolong sebagai makanan penyebab asam urat karena kadar purinnya yang tinggi.

Jika ingin menjaga kadar asam urat darah, Anda bisa mengganti daging merah dengan daging ayam atau sumber protein nabati, seperti kacang kedelai yang dapat ditemukan pada tempe dan tahu.

Buncis

Buncis menjadi salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia karena bisa diolah menjadi banyak makanan lezat, seperti aneka tumisan dan lalapan. Namun, buncis dikenal memiliki fruktosa tinggi yang bisa menjadi pemicu asam urat.

Jamur

Jamur memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dalam setiap porsinya. Oleh karena itu, pengidap asam urat wajib menghindari sayuran yang menjadi campuran di banyak hidangan ini.

Bayam

Selain mudah diolah, bayam terkenal memiliki gizi tinggi seperti vitamin C, flavonoid, zat besi, beta karoten, dan luteins.

Akan tetapi, penderita asam urat harus menghindari bayam karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sekira 57 gram purin.

Kembang kol

Sayuran selanjutnya yang perlu dihindari adalah kembang kol. Sayuran ini biasanya hanya menjadi pelengkap di setiap hidangan. Kembang kol perlu dihindari oleh pengidap asam urat karena memiliki 23 gram purin di setiap 100 gramnya.

Roti

Karbohidrat olahan seperti roti putih, kue kering, dan kue dapat membuat gula darah Anda melonjak dan tidak bagus untuk asam urat.

Baca juga : 14 Tahun Star FM : Terimakasih Para Mitra

Madu

Madu mengandung fruktosa tinggi, pemanis alami yang melepaskan purin saat terurai di tubuh Anda. Batasi minuman atau makanan yang mengandung fruktosa seminimal mungkin untuk menghentikan atau mengurangi serangan asam urat.

Alkohol

Minuman beralkohol, terutama bir, juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain mengandung banyak purin, bir juga memperlambat membuat proses pembuangan asam urat melalui urin.

Bir meningkatkan asam urat sebesar 6,5%. Bahkan bir non alkohol menaikkannya sebesar 4,4%.

Seafood

Penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan laut yang mengandung banyak purin, seperti kerang, ikan teri, sarden, tuna, tiram, udang, lobster, atau kepiting. Konsumsi seafood berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dan memperburuk gejala asam urat.

Jika ingin mengkonsumsi makanan laut yang kaya akan nutrisi tetapi rendahpurin, belut laut atau ikangindara bisa menjadi pilihan yang tepat

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Dokter Nutrisi Kasih Tips

Previous article

Disebut Dalam Serat Centhini, Ini Sejarah Serabi Solo

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle