Lifestyle

Paper GenB Deterjen Ramah Lingkungan dari Belimbing Wuluh  

0
deterjen ramah lingkungan
deterjen ramah lingkungan (humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info  – Deterjen dengan kandungan zat kimia dalam deterjen bisa menyebabkan kematian organisme di air, mencemari ekosistem sehingga membahayakan kesehatan manusia.  Mahasiswa UGM mengembangkan deterjen ramah lingkungan berbahan dasar buah belimbing wuluh bernama Paper GenB.

 Inovasi itu lahir dari gagasan Rizqa Irma Widayati (Kimia), Pangestu Arum Pratiwi (Kimia), Nadia Ramadhani (Kimia), Aufa Nasywa Rahman (Teknologi Informasi), dan Afix Vega Praditya (Teknologi Informasi) yang tergabung dalam  tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan UGM.

 “Kami prihatin dengan persoalan lingkungan yang ditimbulkan dari pemakaian detergen sintetis. Oleh sebab itu, kami membuat detergen yang eco-friendly dan biodegradable dengan  menerapkan prinsip zero waste,” paper Rizqa.

Rizqa mengatakan Paper GenB ini hadir sebagai salah satu produk inovasi deterjen ramah lingkungan. Produk ini dibuat dengan menggunakan belimbing wuluh sebagai bahan dasarnya. Pemilihan buah tersebut sebagai bahan dasar karena didalamnya mengandung senyawa yang bisa dimanfaatkan sebagai deterjen alami dan tentunya ramah lingkungan.

“Blimbing wuluh memiliki kandungan senyawa saponin yang bisa dimanfaatkan sebagai busa alami pada detergen dan aman bagi lingkungan,”terangnya.

Produk ini menghasilkan sedikit busa karena dibuat dari bahan alami. Dengan begitu, produk tidak mengiritasi kulit dan tidak mencemari ekosistem perairan.

Lalu, produk ini dikembangkan dalam bentuk lembaran (sheet) dengan kemasan yang mudah terurai dan didaur ulang. Meski dikemas dalam bentuk lembaran kertas, berbeda dengan produk detergen yang umumnya berbentuk cair atau serbuk, tetapi produk ini mudah larut dalam air dan terbukti bisa dipakai untuk  mencuci pakaian. Produk ini juga dengan dilengkapi kode QR terintegrasi website sebagai sarana edukasi, komunikasi, dan pembelian.

“Paper GenB dapat digunakan pada segala macam pencucian baik secara manual, mesin cuci top load, maupun mesin cuci front load,”jelasnya.

Bagi Anda yang tertarik terhadap produk ini jangan khawatir, sebab Paper GenB sudah dipasarkan di sejumlah marketplace seperti shope, tokopedia dan website resmi papaergenb.com. Untuk 1 pack Paper GenB berisi 30 sheet dijual dengan harga Rp 35.000,-.

Baca juga : Seberapa Sering Handuk Mandi Harus Dicuci?

Bayu

Dagangan Perluas Akses Pembiayaan 1,200 Warung Tradisional

Previous article

MKMK Putuskan Anwar Usman Melakukan Pelanggaran Berat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle