Lifestyle

Obat Alami Nyeri Sendi

0
Obat Alami Nyeri Sendi

STARJOGJA.COM, Nyeri sendi adalah suatu kondisi di mana muncul rasa sakit atau kurang nyaman di bagian sendi. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan nyeri sendi, mulai dari usia, mengalami cedera, atau kelelahan.

Nyeri sendi jangan dianggap sepele karena sendi merupakan bagian penting agar anggota tubuh dapat bergerak. Jika kamu mengalami nyeri sendi, hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebenarnya, nyeri sendi dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Namun, jika kamu khawatir akan efek samping yang ditimbulkan, maka tak ada salahnya untuk mencoba obat-obatan alami.

Ada sejumlah bahan makanan yang dapat digunakan sebagai obat nyeri sendi secara alami. Penasaran apa saja bahan-bahan tersebut? Simak berikut ini.

Kacang-kacangan

Obat nyeri sendi alami yang pertama adalah kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang yang bisa dikonsumsi untuk penderita nyeri sendi di antaranya walnut, almond, hingga pistachio.

Kacang-kacangan tersebut mengandung nutrisi dalam jumlah yang banyak. Lalu ada juga kalsium, magnesium, vitamin E, protein, dan alfa-linolenat di dalam kacang.

Nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi. Selain itu, walnut juga mengandung omega-3 yang dipercaya dapat mengurangi nyeri karena osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Jahe

Sejak zaman dahulu jahe telah digunakan sebagai obat herbal alami yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya dipercaya mampu menghilangkan nyeri sendi.

Bayam

Selain bernutrisi, bayam juga kaya akan vitamin dan mineral yang dipercaya dapat mengurangi nyeri sendi. Sejumlah nutrisi yang terkandung di bayam seperti vitamin C, vitamin K, dan asam folat dapat membantu proses pemulihan jaringan tubuh hingga mengurangi peradangan sendi.

Dilansir Healthline, sebuah penelitian di tahun 2014 mengungkapkan bahwa jahe dapat digunakan untuk menyembuhkan rheumatoid arthritis dan mencegah kerusakan tulang. Namun, para ahli perlu melakukan penelitian ini lebih lanjut untuk membuktikan khasiat itu.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Ikan

Sejumlah jenis ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel dipercaya dapat mengatasi masalah nyeri sendi. Sebab, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi.

Selain itu, omega-3 pada ikan juga dapat membantu mengurangi gejala pada penderita sendi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

Bawang Putih

Bahan masakan yang satu ini ternyata dapat membantu mengurangi nyeri sendi. Perlu diketahui bahwa bawang kaya akan antioksidan dan antiinflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan serta nyeri sendi.

Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa seperti allicin, yang mana dapat mengurangi inflamasi dan meredakan nyeri di tubuh.

Sitrus

Obat nyeri sendi alami yang terakhir adalah sitrus. Buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan grapefruit mengandung vitamin C tinggi yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri sendi.

Sebagai informasi, vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan sel-sel di tubuh akibat terpapar radikal bebas. Tak hanya itu, buah sitrus juga mengandung senyawa flavonoid, yang mana dapat mencegah terjadinya inflamasi.

Baca juga : Star Insight Oktober 2023

NewJeans Akan Tampil di Ajang Billboard Music Awards 2023

Previous article

Ini Persiapan Lari Maraton bagi Pemula

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle