Lifestyle

Lagi Diet? Ini Makanan Yang Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

0
Berat Badan Stagnan

STARJOGJA.COM, Ketika menjalankan program diet, tak jarang Anda menahan lapar untuk mengurangi makanan yang dikonsumsi. Anda bisa mengakali rasa lapar itu dengan mengonsumsi makanan yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, bisa membantu Anda mengurangi rasa lapar dan menahan kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan mengandung karbohidrat atau lemak.

Protein bisa mengisi perut dan meregangkan dindingnya, lalu akan mengirimkan sinyal ke otak dan menandakan bahwa Anda sudah kenyang.

Simak ulasan ini untuk tahu makanan sehat yang bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama!

Ikan

Ikan menjadi sumber protein yang baik, tanpa lemak dan mengandung asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak.

Dikutip dari Everyday Health, makanan kaya protein menjadi makanan yang bisa menahan kenyang lebih lama, karena metabolisme tubuh akan lebih lambat dibandingkan mengonsumsi lemak atau karbohidrat.

Baca juga : Star Insight Oktober 2023

Telur

Telur juga salah satu sumber protein yang tinggi. Telur baik untuk dikonsumsi pada pagi hari, karena tubuh membutuhkan banyak energi untuk memecah protein dibanding tepung.

Anda bisa mempertimbangkannya untuk mengonsumsi lebih banyak putih telur dibandingkan kuningnya untuk menghindari kolesterol yang meningkat.

American Heart Association menyarankan, untuk makan satu butir telur utuh atau dua putih telur per hari agar pola makan lebih sehat.

Yoghurt

Greek yogurt menjadi salah satu makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan, karena mengandung banyak protein dan sedikit gula dibandingkan dengan yoghurt lainnya.

Makanan fermentasi ini juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Penelitian dari jurnal Diabetes Care menemukan pola makan kaya asupan kalsium susu ini dapat meningkatkan penurunan berat badan dan baik untuk pengidap diabetes tipe-2.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan serat yang tinggi. Selain itu, kacang juga mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara lambat oleh tubuh. Hal ini membuat Anda kenyang lebih lama.

Dianjurkan mengonsumsi kacang dengan porsi 1,5 ons atau segenggam kecil kacang setiap harinya. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kacang yang sudah masuk tahap pengolahan, seperti selai kacang karena tidak lagi alami.

Alpukat

Alpukat masuk ke dalam daftar makanan yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Sebab, buah ini mengandung serat dan lemak yang baik untuk tubuh.

Sebanyak 79 persen alpukat adalah serat dan air. Buah dengan nama ilmiah Persea americana ini menjadi satu-satunya buah dengan lemak baik di dalamnya yang mengandung sekitar 6 gram lemak tak jenuh per buah.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Mamalia yang Telah Lama Hilang Ditemukan Kembali di Papua

Previous article

AS Berhasil Lakukan Transplantasi Mata Pertama di Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle