Lifestyle

Tips Mengatur Keuangan Bagi Keluarga Muda

0
Tips Mengatur Keuangan Bagi Keluarga Muda

STARJOGJA.COM, Keluarga muda saat ini dibentuk oleh para pasangan yang mayoritas berasal dari akhir generasi Y dan awal generasi Z. Walaupun mereka tergolong muda dan ‘melek’ teknologi, literasi keuangan kebanyakan dari mereka tidaklah begitu baik.

Mereka kerap meremehkan pengelolaan keuangan sehingga alokasi pendapatan mereka menjadi tidak tepat dan menimbulkan masalah ekonomi berkepanjangan. Belum lagi dengan adanya masalah ‘generasi sandwich’ yang menyebabkan kendala tersebut semakin runyam.

Ada beberapa cara yang dapat Anda dan pasangan lakukan untuk mengatur finansial keluarga muda kecilmu. Contohnya yakni mulai dari diskusi finansial bersama pasangan, hingga meningkatkan skill. Selengkapnya, jangan lewatkan poin dan penjelasan di bawah ini!

Mendiskusikan Finansial Bersama Pasangan

Langkah pertama yakni mendiskusikan finansial bersama pasangan. Mulai dari membicarakan kendala finansial, membuat perencanaan keuangan, hingga menentukan rumus mengatur keuangan rumah tangga.

Dalam diskusi finansial bersama pasangan, jangan lupa untuk saling terbuka mengenai pendapatan atau gaji masing-masing, bahkan utang dan piutang. Dengan begitu, keuangan keluarga yang sehat serta terencana dapat tercipta dengan baik.

Melakukan Pengaturan Keuangan Secara Bijak

Selanjutnya adalah mengatur finansial keluarga secara bijak. Anda dan pasangan dapat mencari tahu terlebih dahulu cara membuat catatan keuangan rumah tangga yang ideal, lalu mempraktikkannya secara rutin.

Nah, dari pencatatan keuangan keluarga yang dilakukan secara berkala tersebut, Anda dan pasangan bisa mengetahui seberapa banyak pengeluaran terjadi dalam kurun waktu tertentu, misalnya bulanan atau mingguan.

Apabila ternyata jumlah pengeluaran keluarga dalam satu bulan bekisar lebih dari 50%, maka Anda dan pasangan perlu untuk menggencarkan penghematan. Caranya yakni dengan menciptakan skala prioritas, hingga mengelola utang dan aset.

Menentukan Tujuan Finansial

Dalam menjalani kehidupan, Anda dan pasangan sebagai keluarga muda sangat memerlukan tujuan jangka panjang. Ini merupakan hal yang penting dan sangat mempengaruhi keadaan ekonomi keluarga di masa mendatang.

Lewat adanya tujuan jangka panjang yang ditentukan dengan baik, Anda dan pasangan bisa semakin termotivasi dalam menyisihkan uang. Hal ini disebabkan adanya ‘target’ yang harus dipenuhi dalam tujuan jangka panjang tersebut.

Untuk menentukan tujuan finansial jangka panjang keluarga, Anda dan pasangan dapat menuliskan apa saja cita-cita dan ambisi yang menjurus pada keleluasaan ekonomi. Misalnya, pensiun di umur 40 tahun, dan lainnya.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Mempersiapkan Dana Darurat

Ini merupakan cara yang wajib ada dalam pengaturan keuangan keluarga muda. Sebab, dana darurat sangat berperan penting jika ada kejadian atau hal yang tidak terduga atau tidak dapat diprediksi. Misalnya, masalah kesehatan, PHK, dan lainnya.

Untuk mempersiapkan dana darurat, Anda dan pasangan bisa mencadangkan sebagian pendapatan. Misalnya 10% hingga 25%, atau bahkan lebih. Perlu dicatat! Sebelum mencadangkan dana tersebut, sebaiknya pastikan semua kebutuhan sudah tercover.

Menghindari Utang-Piutang

Memiliki utang atau piutang? Sebaiknya segera urus! Lunasi seluruh utang dan tagih semua piutang dengan tegas. Jika tidak, maka hal ini akan menjadi batu sandungan untuk keluarga muda milikmu.

Menambah Pundi-pundi Penghasilan

Apapun kelas ekonomi keluarga kecilmu, selalu berusahalah untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Jika Anda dan pasangan termasuk kelas pekerja, cobalah untuk merangkak lebih maju dengan membuka UMKM. Itu dia pembahasan seputar cara mengatur keuangan khusus keluarga muda.

Baca juga : Star Insight Oktober 2023

Sumber : Amarta.com 

 

Pilih Sewa atau Beli Rumah? Ini Perbedaan Perhitungannya

Previous article

Metallica Bakal Jadi Band Metal Besar Pertama Yang Tampil di Arab Saudi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle