HealthLifestyle

Jaga Pola Hidup Sehat, Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung 

0
Sakit Jantung dan Paru

STARJOGJA.COM, Ada banyak cara menjaga kesehatan jantung. Jika kamu memang ingin hidup sehat seiring bertambahnya usia, maka lakukan berbagai upaya demi memelihara jantung agar tetap berfungsi normal.

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting. Bahkan bisa dikatakan bahwa jantung adalah pusat kehidupan seorang manusia. Itulah mengapa jantung harus dijaga agar tetap sehat.

Jika jantung dalam kondisi sehat maka peredaran darah akan berjalan lancar. Dalam hal ini tubuh juga jadi jauh lebih sehat dan bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Berikut ini beberapa cara menyehatkan jantung secara alami dan mudah untuk dilakukan:

Terapkan Pola Makan Sehat

Salah satu kunci jantung dan tubuh sehat adalah pola makan. Jika kamu bisa menerapkan pola makan yang sehat maka jantung juga pasti akan terjaga kesehatannya.

Demi menjaga kesehatan jantung, pastikan kamu tidak makan terlalu banyak makanan berminyak dan berkolesterol tinggi. Selain itu hindari juga makanan yang terlalu banyak garam dan gula.

Konsumsi makanan menyehatkan jantung seperti oatmeal, sayuran hijau, buah-buahan, ikan salmon, dan lain sebagainya. Hindari juga junk food dan cobalah untuk membiasakan mengolah makanan sendiri.

Lakukan Olahraga Rutin

Selain menjaga pola makan, kamu juga harus rajin berolahraga. Pastikan kamu berolahraga secara rutin setiap hari. Jenis olahraganya bebas sesuai kemampuan dan keinginanmu.

Kamu bisa jogging, bersepeda, yoga, dan melakukan jenis olahraga lainnya. Poin pentingnya adalah konsistensi. Pastikan kamu konsisten berolahraga setiap hari supaya badan sehat dan jantung bekerja secara optimal.

Aktivitas olahraga akan membantu melatih sistem pernapasan dengan baik. Olahraga juga membantu memperlancar kerja sistem peredaran darah di dalam tubuh. Secara umum olahraga akan membuat jantungmu jadi lebih sehat dan bisa bekerja optimal.

Kelola Stres

Kesehatan jantung ternyata berhubungan erat dengan kondisi pikiranmu. Jika kamu stres maka kesehatan jantung bisa menurun. Itulah mengapa kamu sangat disarankan untuk selalu mengelola stres dengan baik.

Di tengah kesibukan yang padat dan tekanan yang banyak dari berbagai pihak, kamu harus bisa tenang. Lakukan meditasi setiap hari agar stres tidak menumpuk dan berubah menjadi depresi.

Banyak orang yang mengalami stres lalu terjadi penurunan performa jantung. Dampaknya bisa berat bahkan harus menjalani terapi untuk jantung agar bisa sembuh. Tentu hal ini tidak kamu harapkan, bukan? Demi masa depan yang sehat, kamu bisa menerapkan beberapa cara menjaga kesehatan jantung tadi.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Cukup Istirahat

Cobalah untuk mengurangi begadang. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah istirahat yang cukup. Jangan memaksa tubuh untuk bekerja terlalu keras karena tubuh juga punya batas kemampuannya sendiri.

Paling tidak kamu harus tidur selama 7 hingga 8 jam sehari. Selain bisa membantu menjaga kesehatan jantung, tidur yang cukup juga akan membuat kondisi mentalmu tetap sehat di tengah kesibukan yang padat.

Berhenti Merokok

Jantungmu akan selalu sehat kalau kamu berhenti melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk. Salah satu kebiasaan buruk yang bisa membahayakan kondisi jantung adalah merokok.

Menghirup asap rokok baik secara langsung maupun tidak bisa menyebabkan kondisi jantung memburuk. Hal ini disebabkan oleh kandungan bahan kimia dalam asap rokok yang bisa memicu munculnya plak di pembuluh arteri jantung.

Seiring berjalannya waktu, plak bisa menumpuk dan akan menyumbat aliran darah. Kondisi ini nantinya akan memicu penyakit jantung yang bisa berdampak buruk yaitu kematian.

Baca juga : Star Insight Oktober 2023

Sumber : Amarta.com 

Kritikan Atas Kurangnya Perlindungan Bagi Jurnalis di Gaza

Previous article

Budget 200 Ribu Seminggu?  Begini Cara Mengaturnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health