HealthLifestyle

Apa Itu Mental Block?

0
Tanda Kelelahan stres

STARJOGJA.COM, Apakah Anda pernah merasa seperti tiba-tiba tidak dapat berpikir? Hati-hati, ini menjadi pertanda dari mental block. Kondisi ini terjadi ketika secara mendadak Anda merasa tidak dapat memikirkan ide yang diminta.

Tentu saja kondisi tersebut dapat mengganggu produktivitasmu. Yuk cari tahu pengertian, ciri-ciri serta cara untuk mengatasi masalah ini!

Bila Anda pernah mendengar istilah seperti writer’s block, kondisi ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Tidak mampunya berkonsentrasi dan mengakibatnya dorongan menjadi gambaran dari kondisi ini.

Kondisi ini juga dapat diartikan seperti tidak mampunya seseorang melanjutkan serta menyelesaikan alur pemikiran, seperti di dalam Kasus writer’s block.

Berikut berbagai ciri-ciri mental block, antara lain:

  • Tidak memiliki gairah dan energi
  • Mudah tersinggung dan lebih sensitif
  • Selalu merasa tegang
  • Emosi meluap-luap serta berlebihan
  • Merasakan tekanan psikologis.

Sedangkan kondisi ini dapat disebabkan karena berbagai macam hal, contohnya seperti kekurangan vitamin B12, efek samping mengkonsumsi obat, waktu tidur yang kurang. Mental block dalam bisnis juga dapat disebabkan kelelahan mental karena harus membuat keputusan terlalu banyak.

Penyebab yang lainnya seperti kekacauan yang disebabkan karena lingkungan yang kacau atau berantakan sehingga hormone stress meningkat dan menyebabkan kecemasan.

Menunda tugas penting juga menjadi penyebab dari kondisi ini, sehingga pikiran menjadi stress dan akhirnya mempersulit melanjutkan proyek.

Cara Mengatasi Mental Block

Untuk menghadapi kondisi ini, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Menganalisa Mental Block dengan Menulis Bebas

Ketika merasa mandek, Anda dapat mulai menulis mengenai hal apa saja yang berada di pikiran. Teknik ini memiliki nama freewriting. Umumnya, teknik ini digunakan oleh penulis prosa agar dapat bertukar pikiran mengenai poin plot baru serta menghidupkan proses berpikir.

Teknik ini juga terkenal untuk mengatasi writer’s block. Anda dapat meluangkan waktu 10 sampai 15 menit kemudian tulis berbagai macam hal yang ada di dalam pikiran, baik yang berkaitan maupun yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Mulai dengan Langkah Hidup Sederhana dan Pola Hidup Sehat 

Salah satu contoh mental block adalah kita merasa kelelahan dan merasa kemajuan pekerjaan yang dicapai hanya sedikit. Jika ini juga terjadi padamu sekarang ini, Anda bisa beristirahat dan kerjakan tugas kecil terlebih dulu.

Anda dapat mencuci piring, menyaring email yang belum terbaca atau bahkan mencuci pakaian. Dengan menyelesaikan sejumlah tugas kecil, Anda akan mengembangkan kepercayaan diri untuk mengatasi masalah ini.

Selain itu, mengambil langkah mundur juga bisa membantumu memperoleh kejelasan serta perspektif yang menyebabkan pemikiranmu menjadi terhambat.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Tata Ulang Pikiran dan Lingkungan Sekitar 

Kebersihan meja kerja bisa mempengaruhi kinerja serta suasana hati yang Anda miliki di tempat kerja. Oleh sebab itu, miliki meja yang teratur dan rapi, agar produktivitas dan fokus menjadi semakin bertambah.

Bila Anda merasa mandek, Anda dapat mengubah pemandangan yang berada di sekitar area kerjamu. Hal ini disebabkan karena pikiran mengaitkan tempat kerja dengan aktivitas dan pikiran.

Jika terus menerus merasa frustasi dan akhirnya menunda pekerjaan, mungkin hal ini dapat disebabkan karena pikiranmu merasa tidak nyaman dengan area kerja yang Anda miliki sekarang ini.

Ketika menyelesaikan pekerjaan, Anda dapat berpindah ke kedai kopi atau halaan belakang rumah untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga : Star Insight Oktober 2023

Sumber : Amarta.com 

Manusia Silver, Pakar UGM Jelaskan Bahaya Cairan yang Digunakan

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik DIY Kamis, 7 Desember 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health