Lifestyle

Berasal dari Indonesia, Ini Sejarah Barongsai

0
Sejarah Barongsai

STARJOGJA.COM, Setiap menjelang perayaan Imlek, para penari tarian tradisional China jauh-jauh hari sudah menyiapkan diri untuk menyambut tahun baru Imlek. Pasalnya, pertunjukan seni tari tradisional ini sering dihadirkan untuk menyemarakkan suasana tahun baru tersebut.

Namun, tahukah kamu dari mana asal kata Barongsai tersebut dan bagaimana sejarah kemunculannya. Agar tidak semakin penasaran, simak informasinya berikut ini.

Asal Usul dan Sejarah Nama Barongsai

Tarian tradisional yang satu ini merupakan kesenian dan kebudayaan masyarakat Tiongkok yang kerap dihadirkan untuk menambah semaraknya perayaan tahun baru Imlek. Di negara asalnya sendiri, kesenian ini dikenal dengan istilah “Wu Shi”. Namun, secara internasional lebih populer dengan sebutan “Lion Dance”.

Ternyata, istilah Barongsai berasal dari Indonesia yang dianggap sebagai cerminan akulturasi antara budaya China (Tiongkok) dan budaya Indonesia.

Istilah “Barong” merujuk pada kesenian di Indonesia, atau tepatnya kesenian boneka Bali yang para penarinya berada dalam kostum. Sedangkan istilah “Sai” berasal dari bahasa Hokkian yang artinya adalah singa.

Tarian Lion Dance atau Wu Shi ini memperlihatkan bagaimana aksi singa yang dengan lincahnya memperagakan berbagai gerakan yang ekstrem. Umumnya, tarian ini dimainkan oleh dua orang penari yang berada di dalam kostum mirip singa. .

Ilustrasi Barongsai Berwarna Merah

Hadirnya sosok singa jelang tahun baru yang disebut Barongsai Cina di masa Dinasti Qing merasa sangat aman. Pasalnya, sosok singa inilah yang berhasil menghalangi niat jahat Nian yang selalu berupaya menakut-nakuti masyarakat.

Hal tersebut membuat Nian sakit hati dan berniat untuk membalas dendam. Rencana jahat Nian ini diketahui oleh masyarakat yang kemudian berusaha mencari sang singa, tetapi tidak berhasil menemukannya.

Akhirnya, mereka pun menciptakan sebuah kostum berbentuk singa dengan warna-warni yang mencolok. Ketika Nian kembali datang saat awal musim semi (jelang tahun baru imlek), masyarakat berhasil mengusirnya dengan kekuatan sendiri.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Sumber : Amarta.com 

OPINI : Pentingnya Kemampuan Teknologi Pada Pelaku Bisnis UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif

Previous article

Puasa Media Sosial Ampuh Atasi Gangguan Mental

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle