HealthLifestyle

Tips Sehat Di Musim Hujan

0
prakiraan cuaca hujan
Ilustrasi cuaca hujan (Freepik)

STARJOGJA.COM, Menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk dilakukan setiap hari, terutama ketika musim hujan. Karena pada musim hujan, potensi tubuh untuk terserang berbagai penyakit juga lebih tinggi. Misal sebut saja flu, demam, demam berdarah, batuk dan lainnya.

Sehingga penting sekali jika Anda pahami dan contohkan karena hal ini penting sekali untuk menjaga tubuh Anda agar terus sehat dan bugar sepanjang musim hujan.

Untuk menjaga kesehatan ketika musim hujan tiba sebenarnya tidak sulit dan dapat dilakukan dengan mudah. Kondisi tubuh saat cuaca hujan memang rentan dan mudah untuk terkena virus penyakit.

Sebagai bentuk pencegahan, Anda dapat mengikuti 5 tips sehatnya berikut ini:

Konsumsi Air Putih dengan Cukup

Tips pertama dan tentu yang paling esensial untuk Anda ikuti adalah mengonsumsi air putih dengan cukup. Kebutuhan air putih yang cukup akan membantu tubuh Anda lebih kuat untuk melawan virus dan yang terpenting adalah agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Beberapa pakar menyarankan untuk mengonsumsi air hangat atau ditambah dengan teh herbal. Tujuannya agar dapat menciptakan rasa atau sensasi hangat dan rileks, sehingga tubuh menjadi lebih siap terhadap serangan virus atau bakteri yang menyerang sistem imun.

Rajin Membersihkan Wajah dan Badan

Antisipasi saat musim hujan salah satunya adalah tubuh akan mudah terkena air hujan sehingga kotor dan basah. Maka dari itu, ketika musim hujan Anda wajib rajin untuk membersihkan badan dan wajah dengan keramas. Hal ini agar Anda dapat terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Konsumsi Buah dan Sayur

Tips sehat di musim hujan yang tidak kalah penting adalah mengonsumsi buah dan sayur sebagai cara alami untuk meningkatkan imun tubuh. Mengonsumsi buah yang banyak vitamin C dapat meningkatkan imun dan kesehatan tubuh Anda.

Mengonsumsi sayur juga dapat meningkatkan produksi serat pada tubuh dan melancarkan peredaran darah. Jika konsumsi buah dan sayur Anda sudah cukup, maka kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh akan terpenuhi sehingga imun tubuh Anda dapat mencegah berbagai penyakit muncul.

Rutin Mengonsumsi Suplemen dan Vitamin

Tips sehat di musim hujan yang keempat ini tidak kalah penting untuk Anda coba. Mengonsumsi suplemen dan vitamin menjadi tips mujarab yang dapat Anda ikuti. Konsumsi vitamin dengan berbagai kandungan nutrisi dan mineral dapat menjaga tubuh agar terus tetap sehat ketika musim hujan tiba.

Membawa Minyak Kayu Putih atau Aromatherapy

Tips terakhir yang dapat Anda coba adalah membawa minyak kayu putih atau aromatherapy. Fungsinya agar Anda mendapatkan relaksasi tubuh ketika menggunakannya. Hal ini dapat membantu mengurangi efek kelelahan yang Anda alami. Selain itu, minyak kayu putih juga memberikan kehangatan di kala Anda kedinginan terkena air hujan.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Sumber : Amarta.com 

Merayakan Akhir Tahun di THE 1O1 Yogyakarta Tugu, Pengalaman Menginap yang Berkesan di Jantung Kota Yogyakarta

Previous article

Yuk Pahami Arti Masa Persiapan Pensiun (MPP), dan Persiapannya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health