Lifestyle

Ingin Pensiun Dini? Ini Persiapan Pensiun Dini Karyawan Swasta!

0
Gaji perempuan lebih tinggi

STARJOGJA.COM, Sekarang, Anda mungkin sedang sangat semangat untuk bekerja. Tapi, apakah Anda pernah berpikir jika ada waktunya untuk pensiun dini karena usia yang sudah tidak produktif lagi?

Agar bisa menghadapi moment tersebut, Anda harus melakukan sejumlah persiapan. Sebenarnya, persiapan pensiun dini karyawan swasta tidak berbeda jauh dengan profesi lain.

Meskipun sering mendengar kata ini, apakah Anda tahu definisi dari pensiun dini?

Pensiun dini merupakan karyawan yang memutuskan untuk melakukan percepatan pensiun. Pensiun dini umumnya dilakukan 10 tahun lebih awal bila dibandingkan dengan usia pensiun yang umum.

Nantinya, karyawan yang melakukan pensiun dini juga akan memperoleh sejumlah haknya. Hak pensiun dini ini adalah uang pesangon atau uang penghargaan masa kerja.

Syarat Pensiun Dini Karyawan Swasta

Jangan salah, tidak semua karyawan bisa memperoleh pesangon pensiun dini. Pihak perusahaan swasta sudah tentu akan menetapkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi karyawan ketika memutuskan pensiun dini.

Berikut aturan pensiun dini karyawan swasta, antara lain:

  • Berusia minimal 45 tahun hingga 50 tahun
  • Minimal masa kerja 10 tahun, hingga 20 tahun, tergantung kebijakan perusahaan
  • Menyerahkan permohonan pensiun dini
  • Surat keterangan status perkawinan
  • Kartu keluarga
  • Surat nikah
  • Surat keterangan daftar keluarga
  • Pas foto 3×4 cm.

Persiapan Pensiun Dini Karyawan Swasta

Selain melakukan perhitungan pensiun dini, Anda juga harus mempertimbangkan berbagai hal sebelum pensiun dini ini. Mengapa hal ini penting? Karena pensiun dini erat kaitannya dengan kelangsungan hidupmu berikutnya.

Oleh sebab itu, Anda tidak boleh mengambil keputusan pensiun dini dengan mudah tanpa sejumlah persiapan. Lebih-lebih jika Anda memiliki sejumlah tanggungan. Berikut persiapan yang harus dilakukan saat ingin pensiun dini, antara lain:

Kondisi Finansial

Salah satu pertimbangan utama yang harus dilakukan ketika memutuskan pensiun dini adalah kondisi finansial sekarang ini serta kondisi finansial di masa mendatang. Bila Anda menganggap pesangon pensiun dini karyawan swasta tersebut cukup untuk menopang kehidupanmu, lebih baik Anda menghilangkan anggapan tersebut.

Ketika pensiun dini, Anda harus benar-benar siap secara finansial, sehingga Anda harus memiliki sejumlah tabungan dan bisnis lain ketika masih bekerja. Persiapan finansial menjadi hal penting karena sesudah pensiun, Anda tidak memperoleh gaji bulanan seperti biasa.

Aktivitas Sesudah Pensiun

Ketika bekerja, Anda tentu sudah mempunyai rutinitas setiap hari. Bagaimana saat pensiun nanti? Semua tentu akan berubah. Lantas, apa yang akan Anda lakukan sesudah pensiun? Apakah Anda akan beristirahat atau melakukan hal lain?

Pastikan Anda telah merencanakan kegiatan ketika sudah pensiun, sehingga Anda tidak akan merasa bosan, apalagi jika ketika bekerja, kegiatanmu akan sangat padat, jangan sampai Anda kesepian karena sudah pensiun.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Sumber Penghasilan Sesudah Pensiun

Pertimbangan lain saat akan pensiun dini karyawan swasta yang harus dilakukan adalah sumber penghasilan sesudah pensiun. Mungkin Anda ingin segera pensiun dini karena menganggap jika sudah mempunyai tabungan yang banyak.

Namun, bagaimana jika tabungan yang Anda anggap “banyak” tersebut belum cukup? Apalagi jika Anda masih harus membayar sejumlah tagihan dan berbagai tanggungan yang lain.

Solusinya adalah Anda bisa menggunakan tabungan tersebut untuk berinvestasi sehingga bisa memperoleh passive income. Ada berbagai contoh investasi yang bisa dijadikan pilihan seperti saham, emas, hingga properti.

Sumber : Amarta.com 

Benarkah Warga Indonesia Malas Jalan Kaki?

Previous article

Kino PENTAGON Dirikan Agensi Sendiri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle