NewsPendidikan

Mahasiswa UGM Hijaukan Lereng Gunung Lawu Magetan

0
gunung lawu

STARJOGJA.COM, JOGJA – Mahasiswa UGM Hijaukan Lereng Gunung Lawu Magetan. Mahasiswa prodi S1 Kehutanan dan SV Kehutanan UGM angkatan 2022 melakukan aksi penanaman 6.000 bibit pohon di lereng Gunung Lawu, Magetan.

Penanaman pohon dilakukan 9 Desember 2023 di delapan titik yang berada di wilayah Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Selain itu, penanaman juga dilakukan di lima titik di lereng gunung Lawu, tepatnya di kawasan hutan Perhutani yang pernah mengalami kebakaran.

“Diadakannya kegiatan Penanam dengan bertemakan “Tentang ’22: Aku dan Kamu, Hijaukan Lawu” bertujuan untuk dapat menghijaukan wilayah Lawu yang sebelumnya telah terjadi kebakaran agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat,” terang Dosen pembimbing kegiatan, Dr. Dra. Ir. Winastuti Dwi Atmanto, M.P., IPU.

Kegiatan ini sekaligus menunjukkan eksistensi dan aksi nyata mahasiswa para mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat untuk memenuhi beberapa poin dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Beberapa diantaranya adalah penanganan perubahan iklim dan pelestarian ekosistem darat, serta menjadi ajang belajar bagi mahasiswa kehutanan.

Winastuti mengatakan kegiatan penanaman pohon di Lawu ini melibatkan lebih dari 370 mahasiswa UGM. Ada 34 jenis bibit phon yang ditanam dalam kegiatan ini. Spesies pohon yang ditanam diantaranya meranti, merawan, lerak, matoa,kluwih, kopi, nagasari, eboni, majegau,  kawis, sengon buto dan lainnya. Bibit tersebutmerupakan hasil dari persemaian yang dilakukan mahasiswa kehutanan UGM untuk memproduksi bibit, mulai dari penyiapan media, penyapihan hingga bibit siap ditanam.

“Jenis-jenis pohon tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan ekosistem yang ada,”ucapnya.

Angka kriminalitas di DIY selama tahun 2023 turun

Previous article

Ini Hasil Intensifikasi Keamanan Pangan BBPOM DIY di Akhir Tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News