Lifestyle

Mengapa Bangunan Rumah di Jepang Hancur Meski Punya Struktur Tahan Gempa?

0
Bangunan Rumah di Jepang Hancur

STARJOGJA.COM, Gempa dahsyat baru saja melanda Jepang. Gempa yang menelan puluhan korban jiwa itu terjadi pada 1 Januari, tepat di awal tahun 2024.

Dengan letaknya yang berada di lokasi seismik aktif, Jepang memang dikenal sebagai negara rawan gempa. Sehingga wajar saja bila pemerintah setempat sangat ketat dalam hal kebijakan perizinan mendirikan bangunan.

Selain itu, seluruh bangunan di Jepang juga wajib menjalani pemeriksaan keselamatan secara rutin setiap 10 tahun sekali untuk memastikan tetap tahan gempa dan aman untuk dihuni.

Sementara itu, mengutip dari Housing Japan, bangunan di Jepang juga dilengkapi dengan sistem peringatan dini yang dapat mendeteksi gempa bumi dan mematikan gas dan listrik secara otomatis untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Selain itu, banyak juga bangunan yang memiliki sistem pemadam kebakaran kebakaran otomatis dan penerangan darurat untuk menjamin keselamatan penghuni saat gempa terjadi.

Aturan Ketat Pendirian Bangunan

Jepang juga memiliki aturan gedung yang ketat dan sistem inspeksi yang memastikan bahwa bangunan dibangun tahan gempa bumi dan bencana alam lainnya. Selain itu, seluruh bangunan di Jepang juga wajib menjalani pemeriksaan keselamatan secara rutin setiap 10 tahun sekali untuk memastikan tetap tahan gempa dan aman untuk dihuni.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Peraturan-peraturan tersebut tak hanya berlaku untuk gedung baru, tetapi juga pada bangunan lama yang telah dibangun sebelum peraturan tersebut diterapkan. Maka dari itu, walaupun sebuah bangunan sudah berusia lebih dari 10 tahun, jika telah menjalani pemeriksaan dan renovasi yang diperlukan, bangunan akan dianggap aman untuk dihuni.

Mengapa Masih Ada Bangunan yang Hancur

Dengan masih adanya bangunan yang hencur kemungkinan itu terjadi karena faktor usia bangunan dan seberapa besar kekuatan gempa.

Contohnya, sebuah bangunan atau rumah didesain untuk tahan gempa dengan kekuatan sedang. Maka rumah itu bisa rusak bila gempa yang terjadi lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Memang faktanya, tidak ada bangunan yang 100% tahan gempa.

Seorang ahli konstruksi menyebut, kesimpulannya rumah akan tahan gempa pada batasan kekuatan tertentu dan seberapa lama usia bangunan tersebut.

Bila getaran gempa melebihi kekuatan struktur bangunan yang dipersiapkan, maka risiko hancurnya bangunan bukan hal yang mustahil terjadi.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Jin BTS Bagikan Pesan Video Tahun Baru Untuk Penggemar

Previous article

Tahun 2024 Keluarkan USB Flash Drive Mini Dragon

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle