News

Sri Mulyani Indonesia Panas Bukan Karena Politik tapi Karena..

0
Indonesia Panas
Ilustrasi Cuaca Panas

STARJOGJA.COM, Info – Sri Mulyani Menteri Keuangan Indonesia mengatakan tentang cuaca panas di Indonesia saat ini yang menurutnya meningkat dari biasanya. Menurutnya cuaca panas ini bukan karena politik yang saat ini terjadi tetapi karena kondisi cuaca yang panas dan Indonesia menjadi salah satu negara terpanas di dunia pada 2022.

“Indonesia menjadi negara kedua terpanas. Ini bukan karena situasi politik, tetapi memang panas [karena perubahan iklim],” ungkapnya dalam Indonesia Infrastructure Finance (IIF) Anniversary Dialogue, Senin (29/1/2024).

Dalam paparannya, Sri Mulyani menjelaskan bahwa dari laporan World Economic Forum (WEF) Global Risk 2024, perubahan iklim menjadi salah satu tantangan terbesar dalam jangka pendek maupun panjang.

Indonesia tidak terkecuali dari tantangan perubahan iklim. Sejalan dengan keberlanjutan perkembangan Tanah Air dan pendapatan per kapita yang lebih tinggi, Indonesia juga mengeluarkan CO2 lebih banyak, bahkan saat ini mencapai kisaran 3 ton emisi CO2 per kapita. Sri Mulyani menyampaikan bahwa kondisi ini meningkat cukup signifikkan.

Meski demikian, Indonesia memproduksi emisi lebih rendah. Dirinya mencatat kondisi CO2 yang berada di bawah 3 ton emisi CO2, terendah di antara negara G20. Emisi gas rumah kaca (GRK) per kapita Indonesia tercatat dalam tiga terendah di antara negara-negara G20. Lebih rendah dari Inggris, Amerika Serikat (AS), hingga China.

Bahkan, lebih rendah dari rata-rata global yang berada di angka 4,8 ton CO2 ekuivalen. Bendahara Negara mengungkapkan bahwa Indonesia harus menghadapi konsekuensi emisi ini seiring dengan berlanjutnya rencana pembangunan di Tanah Air.

“Tantangan ini perlu untuk terus diperhatikan dalam mendesain bagaiamana kita ingin melanjutkan pembangunan ke depan,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya meminta IFF, perusahaan yang bergerak dalam pembiayaan infrastruktur tersebut, untuk membangun infrastruktur berkelanjutan, baik dari aspek lingkungan, sosial, juga finansial.

Sumber: Bisnis

Baca juga : Tips Mengatasi Bau Badan pada Cuaca Panas

Bayu

Penghentian Dana untuk Pengungsi Palestina, Iran : Dukungan Genosida

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Selasa 30 Januari 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News