CulinaryLifestyle

Udon, Mie Tebal Asli Jepang

0
Udon, Mie Tebal Asli Jepang
Udon, Mie Tebal Asli Jepang

STARJOGJA.COM, Apa itu udon? Udon adalah sejenis mi tebal dari Jepang yang terbuat dari terigu. Udon sering disajikan dalam kuah kaldu dengan beragam topping. Biasanya udon disajikan dengan kuah panas. Namun ada pula hidangan udon yang disajikan dalam keadaan dingin.

Dibandingkan mi biasa, udon lebih liat dan kenyal. Biasanya diolah dengan kuah bening dari kaldu dashi atau shoyu atau miso. Udon umumnya dijual dalam keadaan segar atau beku.

Bisa dibeli di pasar swalayan besar atau toko bahan makanan Jepang. Sebelum diolah sebaiknya siram dahulu dengan air panas agar menjadi kenyal dan sedikit lunak.

Baca juga : Star Insight : Star FM Welcoming 2024 and Thanks to 2023

 

Udon hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari bulat, persegi hingga menyerupai pita. Ketebalannya juga bervariasi. Terkadang, udon juga dibuat dari tepung kentang dengan ciri bentuk yang agak tembus pandang dinamai dengan Gsetsu udon.

Cara Menikmati Udon

Cara menyantap udon di Jepang sangat unik. Melansir Japan Guide, udon disantap dengan cara makan yang berbeda-beda bergantung pada bagaimana udon disajikan. Saat udon disajikan dengan saus celup, ambil beberapa helai mi dan celupkan ke dalam saus sebelum dimakan.

Udon yang disajikan dalam kuah atau saus dinikmati dengan menggunakan sumpit untuk menyeruputnya.

ara menyeruput mi udon ini bisa meningkatkan rasa dan membantu mendinginkan mi panas saat masuk ke mulut.

Sementara itu, kuah kaldu Udoncbisa diminum langsung dari mangkuk, sehingga tidak perlu sendok. Pastikan Anda menghabiskan semua kaldu Udon di mangkuk, sebab menurut tradisi Jepang, meninggalkan sedikit sup dianggap kurang sopan.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Ribuan Advokat Indonesia Sambut Prabowo di Balai Kartini, Dukung Menang Satu Putaran

Previous article

Jennie BLACKPINK Puncaki Brand Reputation Idol K-Pop

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary