Kota JogjaNews

Bawaslu DIY Ajak Masyarakat Awasi Masa Tenang Pemilu

0
dampak pemilu

STARJOGJA.COM, JOGJA – Bawaslu DIY Ajak Masyarakat Awasi Masa Tenang Pemilu. Badan Pengawas Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah ini ikut berperan aktif mengawasi berbagai potensi pelanggaran selama masa tenang pemilu pada 11 sampai 13 Februari 2024.

“Harusnya selama tiga hari itu masyarakat diberi kesempatan berpikir jernih agar bisa menentukan pilihan dengan tepat. Tapi, tentu banyak pihak yang masih ingin memengaruhi pilihan rakyat dengan berbagai cara,” kata Ketua Bawaslu DIY Mohammad Najib,dikutip dari antara.

Najib menyebutkan beragam potensi pelanggaran yang rawan muncul selama masa tenang mulai dari politik uang, pelanggaran netralitas ASN, penyebaran hoaks atau berita bohong, hingga ujaran kebencian.

“Bisa juga muncul intimidasi untuk memaksa pemilih agar memilih calon tertentu, partai tertentu,” kata dia.

Mengingat terbatasnya jumlah personel pengawas pemilu, Najib menegaskan peran masyarakat diperlukan untuk ikut berpartisipasi dengan melaporkan atau menolak setiap pelanggaran di wilayah masing-masing.

Dia meyakini masyarakat bisa dengan mudah mengenali potensi pelanggaran pemilu semacam politik uang.

“Kan bisa masyarakat merasakan ini ada orang bawa amplop, orang asing atau bawa logistik diduga mau politik uang. Itu kalau bisa dicegah,” kata dia.

Selama masa tenang, Najib memastikan seluruh pengawas pemilu di berbagai level meningkatkan pengawasan, termasuk memastikan tidak ada aktivitas kampanye dalam bentuk apa pun.

Ini Filosofi Kue Keranjang, Makanan Khas Imlek

Previous article

Bard diganti, Sudah Nyobain Chatbot Gemini?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja