Lifestyle

Sejarah Hari Radio Sedunia 2024

0

STARJOGJA.COM, Setiap tahunnya pada tanggal 13 Februari diperingati sebagai Hari Radio Sedunia. Penetapan Hari Radio Sedunia ini bertepatan dengan berdirinya Radio Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dilansir dari laman UNESCO, peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan media tentang pentingnya radio. Selain itu, peringatan ini juga bertujuan untuk mendorong para pengambil keputusan untuk membentuk dan menyediakan akses informasi melalui radio serta meningkatkan jaringan dan kerjasama internasional di antara penyiar.

Untuk mengetahui informasi terkait Hari Radio Sedunia, simak sejarah, tema dan perayaannya di sini yang dirangkum dari laman UNESCO.

Radio adalah media komunikasi yang paling luas jangkauannya, mudah diakses, yang memberikan informasi dan hiburan kepada semua sektor masyarakat selama berbagai generasi.

Meskipun di beberapa wilayah digunakan untuk menimbulkan kebencian, perpecahan, dan konflik, namun saat ini sudah banyak undang-undang progresif dan mekanisme regulasi telah diadopsi di banyak negara.

Sehingga radio dapat menyiarkan berita seimbang, program, dan menjalankan jurnalisme independen secara umum. Menyadari pentingnya radio sebagai media komunikasi, perwakilan anggota UNESCO dari Spanyol mengajukan proposal pengesahan Hari Radio Sedunia.

Hal tersebut diajukan pada Konferensi Umum ke-36 untuk menyatakan Hari Radio Sedunia berdasarkan studi kelayakan yang telah dilakukan oleh UNESCO. Gagasan tersebut akhirnya diakui oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 14 Januari 2013 sebagai Hari Radio Sedunia.

Disebutkan bahwa para pemangku kepentingan yang terlibat dalam pembentukan Hari Radio Sedunia termasuk asosiasi penyiaran – publik, swasta, masyarakat, dan internasional, badan PBB, dana dan program, organisasi non-pemerintah terkait topik, akademisi, yayasan, dan lembaga pengembangan serta Delegasi Tetap dan Komisi Nasional UNESCO.

Sebanyak sembilan puluh satu persen dari mereka percaya bahwa Hari Radio Sedunia dapat membantu mempromosikan Piagam PBB dan pembangunan manusia.

Tanggal 13 Februari dipilih karena tanggal tersebut merupakan hari didirikannya Radio Perserikatan Bangsa-Bangsa berbasis di Markas Besar PBB pada tahun 1946 yang diusulkan oleh Direktur Jenderal UNESCO saat itu.

Tema Hari Radio Sedunia 2024

Tema untuk merayakan Hari Radio Sedunia berubah setiap tahun dan dirancang untuk memfokuskan perhatian pada aspek-aspek tertentu peran radio dalam masyarakat.

Tema untuk Hari Radio Sedunia 2024 adalah ‘Radio: A century informing, entertaining and educating.’ atau ‘Radio: Seabad memberikan informasi, hiburan, dan pendidikan.’

Baca juga : Star Insight Januari 2024

Ini Orang Yang Rentan Kena Serangan Asam Urat

Previous article

Bawaslu Kulonprogo Awasi Serangan Fajar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle