Lifestyle

Alasan Mengapa Episode di Drama Korea Dibuat Sedikit

0
Mengapa Episode di Drama Korea Dibuat Sedikit
Salah satu adegan di drama korea

STARJOGJA.COM, Drama Korea merupakan tontonan paling populer di jaman sekarang khususnya di Indonesi. Meski cukup banyak judul drama asal Negeri Ginseng yang berseliweran, tapi fans K-Drama tidak pernah merasa bosan dengan konsep cerita yang disuguhkan dan para pemerannya yang bertabur visual menawan.

Menariknya, drama Korea sendiri kerap dikemas dalam episode yang terbilang sedikit jika dibandingkan sinetron Indonesia. Bahkan muncul aturan tidak tertulis terkait jumlah episode ideal adalah 16. Bicara durasi pun kebanyakan berkisar antara 30 menit sampai satu jam saja per episode.

Beberapa alasan melatarbelakangi produksi serial drama Korea dengan konsep sedikit episode. Mulai dari budaya kerja sampai pembatasan jam penayangan, berikut alasan episode dalam drama Korea sengaja dibuat sedikit disadur dari KBIZoom dan sumber lainnya.

Memaksimalkan konsep cerita

Setiap judul drama pasti punya konsep ceritanya masing-masing dengan alur yang sudah dirancang dalam skenario. Jika dibuat dalam jumlah episode yang terlalu panjang, ada kekhawatiran ceritanya jadi berbelit-belit.

Hal ini berpotensi memicu kebosanan penonton hingga mungkin saja akan mulai merasa enggan melanjutkan drama sampai tuntas. Andai terjadi, perilaku penonton semacam ini akan berdampak pada rating drama.

Muncul batasan episode ideal akibat pembiasaan

 

Sebenarnya tidak ada aturan pakem terkait jumlah episode dalam sebuah drama Korea. Hanya saja, banyaknya judul drama yang sukses ada di kisaran 16 episode atau kurang, membuat rumah produksi berbondong-bondong mengikuti tren ini.

Walhasil, jumlah episode pun mulai disesuaikan dengan tren yang ada. Bisa dibilang pemangkasan episode drama yang makin singkat dipicu kebiasaan pasarnya. Bahkan ada drama yang harus memangkas episode di tengah jalan setelah melihat reaksi penonton.

Baca juga : Star Insight : Star FM Welcoming 2024 and Thanks to 2023

Faktor tim yang terlibat

Dalam sebuah drama, tim yang terlibat bukan hanya aktor atau aktris, tapi juga sutradara, penulis skenario, sampai kru syuting lainnya. Jumlah episode drama yang terlalu panjang akan memakan waktu syuting yang lama pula dan menahan tim di lokasi terlalu lama.

Kesibukan ini berpotensi menurunkan produktivitas, termasuk menahan para penulis skenario untuk mengerjakan proyek lain. Bahkan jadwal para pemain pun harua ikut dipertimbangkan hingga akhirnya episode pendek dibawah 20 dianggap jauh lebih ideal.

Biaya produksi

Tidak dimungkiri bahwa banyaknya episode sebuah drama juga turut mempengaruhi biaya produksi yang dikeluarkan. Semakin banyak episodenya, semakin besar pula jumlah biaya produksi yang harus ditanggung.

Bukan hanya anggaran untuk pemain, menyiapkan properti dan peralatan serta lokasi syuting akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Alasan ini kemudian jadi pertimbangan untuk membatasi jumlah episode namun tanpa mengurangi esensi cerita.

Rasanya memang sulit untuk nggak membandingkan drama Korea dengan tontonan seperti sinetron yang ada di Indonesia. Meski jelas nggak apple to apple tapi salah satu hal yang bikin sinetron Indonesia nggak semenarik drama Korea adalah jumlah episodenya.

Mungkin ke depannya dari drama Korea yang punya episode sedikit ini bisa jadi inspirasi kita semua.

Baca juga : Star Insight Januari 2024

Sumber :  Bisnis.com

Wah Bahaya, UNICEF Sebut Angka Malnutrisi Anak di Gaza Tinggi

Previous article

Erick Sebut Alasan Penggunaan VAR di Indonesia Terlambat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle