LifestyleTechno

7 Cara Detoks Digital untuk Tingkatkan Kesehatan Otak

0
detoks digital
detoks digital

STARJOGJA.COM, Info – Para ahli banyak memberikan detoks digital karena sering dan terlalu lama melihat layar dapat menyebabkan ketidakseimbangan bahan kimia otak dopamin (zat kimia penghargaan), serotonin (penstabil suasana hati), dan melatonin yang bertanggung jawab untuk kesehatan otak.

Dr Rajesh Reddy Sanareddy, Ahli Bedah Saraf dari India dilansir dari timesofindia mengatakan bahaya kesehatan yang bisa ditimbulkan antara lain fokus dan perhatian yang buruk (kebutaan otak), ketegangan mata, nyeri leher dan punggung, berat badan akibat kurangnya aktivitas fisik, kebersihan tidur yang buruk, demensia (kehilangan ingatan), hubungan antarpribadi yang buruk, dan gangguan perilaku seperti kecemasan, dan depresi.

Kesehatan digital berarti gaya hidup yang mengutamakan manusia dan melampaui teknologi. Menerapkan gaya hidup seperti itu dapat membuat seseorang merasa cemas atau tersesat atau mengembangkan rasa takut ketinggalan (FOMO) terhadap hal-hal penting, dan tidak apa-apa jika merasa seperti itu.

Secara bertahap, seseorang akan mulai merasa lebih baik dan mengembangkan cara untuk menyeimbangkan waktu pemakaian perangkat dan kesehatan dengan menerapkan rencana detoks digital yang disesuaikan dengan gaya hidup seseorang.

Berikut cara detoks digital untuk tingkatkan kesehatan otak Anda

1. Rapikan layar beranda di perangkat seluler. Matikan notifikasi, dan update yang bukan prioritas. Berhenti berlangganan dari grup, buletin, dan milis yang tidak perlu. Atur waktu pemakaian perangkat/jadwal aplikasi. Tidak ada waktu layar di meja makan dan satu jam sebelum tidur.

Jika Anda tidak tahan tanpa perangkat, coba alihkan ke mode pesawat untuk sementara waktu. Jika memungkinkan, gangguan tersebut dapat dihilangkan dengan mengganti ponsel cerdas dengan ponsel sederhana yang tidak dapat mendukung aplikasi.

2. Bersikaplah selektif dalam menggunakan teknologi 3. Ciptakan zona/waktu bebas teknologi di tempat kerja dan di rumah. Baca Juga 9 Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

4. Beristirahatlah secara berkala. Menjadwalkan tantangan detoks digital 24 jam dan mengundang teman-teman untuk berpartisipasi dapat membuat prosesnya menarik.

5. Terlibat kembali dengan dunia nyata – Gantikan waktu layar dengan waktu di luar (berjalan-jalan di taman) dan aktivitas fisik. Kembangkan hobi yang akan membantu menghabiskan waktu dan menemukan kebahagiaan serta kepuasan.

6. Cobalah membaca buku kuno yang bagus untuk mendapatkan perubahan daripada Kindle.

7. Pelajari seni merangkul kehidupan di luar media sosial di bawah bimbingan ahli.

Sumber : Bisnis

Baca juga : Belajar Mengaji dengan Platform Aplikasi Digital Ngaji.ai

Bayu

Ini Misi Pelatih PSS Sleman saat Melawan Bhayangkara FC Besok

Previous article

Manfaat Dari Sebuah Pelukan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle