CulinaryLifestyle

Sejarah Hash Brown, Menu Sarapan Khas Amerika

0
Sejarah Hash Brown

STARJOGJA.COM, Hash brown adalah salah satu menu sarapan orang Amerika. Di Indonesia, menu ini dikenal melalui sebuah restoran cepat saji, juga sebagai menu sarapan.

Saat pertama kali diperkenalkan, menu ini langsung disukai karena sesuai dengan selera orang Indonesia yang gemar gorengan dengan tekstur renyah dan cita rasa gurih.

Meski begitu, resepnya tidak terlalu populer lantaran banyak yang menganggap proses pembuatannya terlalu panjang. Namun beberapa pemilik akun memasak di media sosial telah berusaha mempermudah resep lama.

Dikutip dari laman Slurrp, diperkirakan ide awal pembuatan makanan ini adalah untuk memanfaatkan sisa kentang di Amerika. Kentang merupakan salah satu bahan makanan utama di Amerika sehingga sering kali disimpan dalam jumlah berlebih. Namun secara tercatat, hash brown pertama kali muncul dalam buku Kitchen Companion yang ditulis Maria Parloa pada tahun 1887.

Dalam bukunya, Maria menuliskan bagaimana nama hashed brown potato menjadi hashed brown, lalu menjadi hash browns. Nama hash diperkirakan berasal dari bahasa Perancis, yaitu hacher. Hacher dan hash menunjukkan cara memasak yang sama, yaitu dengan mencincang kentang. Maria mendeskripsikan makanan ini sebagai campuran kentang rebus yang digoreng.

Menu ini menjadi sarapan khas New York pada abad ke-19. Lambat laun menu kentang ini menyebar ke seluruh dunia, bahkan bisa ditemukan dalam sarapan ala Inggris, Swiss Roesti, tortilla de papas dari Spanyol, dan sebagainya.

Menu Sarapan Hash Brown

Di Indonesia, menu ini merupakan andalan restoran cepat saji, McDonald’s atau McD. Teksturnya yang renyah di luar, lembut di dalam dan kentang dalam bentuk serpihan yang disatukan, telah membuat pelanggan ketagihan. Kentang ini disajikan bersama telur orak arik, muffin dan sosis ayam.

Awalnya McD hanya menyajikan makan siang dan makan malam. Mulai tahun 1970, McD mulai menjual menu sarapan. Pada tahun 1971, McD menguji coba Egg McMuffin. Barulah pada tahun 1977, menu sarapan McD tampil dengan formasi lengkap, yaitu Egg McMuffin, hotcakes, muffin Inggris, Danish pastry, sosis, dan hash brown. Sejak saat itu, sarapan menjadi salah satu menu terlaris McD.

Resep Hash Brown

Di media sosial, menu ini disajikan dalam berbagai kreasi, dari yang super ekonomi hingga yang premium. Berikut salah satu resep Hash Brown.

Bahan:

  • 550 gram kentang
  • 2 sendok makan maizena
  • 1 sendok teh garam
  • Merica secukupnya

Cara membuat:

  • Kupas kentang. Jangan lupa rendam kentang yang belum mendapatkan giliran agar tidak berubah warna.
  • Serut kentang dengan penyerut berlubang besar atau iris kecil-kecil secara manual dengan pisau.
  • Oseng kentang di wajan anti lengket tanpa minyak sampai empuk.
  • Campur maizena dangan garam dan merica hinga merata.
  • Masukkan campuran maizena ke kentang yang sudah dingin secara bertahap sambil diaduk. Jika terlalu kering, tambahkan sedikit air sehingga menyatu dengan kentang atau tidak terlihat.
  • Masukkan kentang ke dalam plastik, lalu pipihkan dan giling menggunakan penggiling pastry manual.
  • Buka plastiknya, lalu potong-potong adonan dengan pisau. Jangan lupa mengoleskan minyak ke pisau agar adonan tidak lengket.
  • Goreng dalam api sedang dan tiriskan lebih dahulu sebelum dihidangkan.

Baca juga : Star Insight Januari 2024

Manfaat Diet Rendah Karbohidrat

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Rabu 28 Februari 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary