LifestyleSport

Cara Mengatasi Kram Kaki

0
kram kaki

STARJOGJA.COM, Banyak orang yang sering mengalami kram pada bagian kaki. Kondisi kaki kram dapat mengganggu segala aktivitas yang dilakukan.

Dilansir dari pharmeasy.in dan southvalleyvascular.com, kram kaki bisa terjadi karena kondisi otot yang tegang. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Kondisi otot yang mengeras dan tegang, membuat orang menjadi panik saat mengalaminya. Kaki kram bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit.

Berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kram kaki:

Peregangan betis

Jika, mengalami kram kaki pada betis, cobalah untuk melakukan peregangan. Pertama, posisikan kaki lurus, kemudian tekuk kaki, lalu tarik jari-jari kaki ke arah wajah, dan pijat kaki dengan lembut.

Peregangan paha depan

Sering mengalami kram pada paha depan? Lakukanlah teknik ini untuk mengatasinya, tekuk lutut dan dekatkan ke arah tumit belakang, dan tahan posisi ini beberapa saat, hingga kaki dirasa sudah mendingan.

Peregangan paha belakang

Jika, sering mengalami kram kaki pada bagian paha belakang, cobalah untuk melakukan peregangan. Posisikan badan terlentang, lalu tekuk lutut kaki yang nyeri, dan angkat ke atas secara perlahan.

Terapi

Melakukan beberapa terapi dapat membantu mengatasi kaki kram, berikut terapi yang baik dilakukan.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu meredakan otot-otot yang kaku dalam tubuh, sehingga dapat mengatasi kram yang dialami.

  1. Terapi panas

Bagi, Anda yang tidak suka mandi dengan air hangat, terapi panas bisa menjadi solusinya. Terapi panas, dilakukan dengan meletakkan bantalan pemanas pada otot yang kram. Hal tersebut, dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membuat otot lebih rileks.

  1. Terapi dingin

Merendam kaki dengan air es atau mengompresnya dapat mengurangi rasa nyeri dan pembengkakkan, sehingga dapat membantu mengatasi kaki kram.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Sumber :  Bisnis.com

Pernak Pernik Ramadhan : Tips Sehat Puasa Ramadhan Bagi Penderita Penyakit

Previous article

Mengenal Kopitiam dan Panduan Memesan Kopinya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle