Lifestyle

Cara Mudah Memulai Hidup Sederhana

0
Slow Living 

STARJOGJA.COM, Pernah merasa jenuh dengan rutinitas yang monoton? Jika ingin memiliki gaya hidup yang berbeda, mulailah dengan menjalani kehidupan yang sederhana. Artinya, hidup sesuai kebutuhan dan hanya membeli barang yang benar-benar diperlukan.

Penting untuk memiliki pola pikir bahwa tindakan berlebihan sebaiknya dihindari, agar prinsip kesederhanaan tetap terjaga. Meskipun terlihat sederhana, gaya hidup ini memiliki beragam manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk kondisi keuangan pribadi.

Hidup sederhana artinya menerapkan gaya hidup yang biasa saja, tidak mewah, tapi tetap cukup. Untuk menerapkannya, Anda bisa mulai dari hal-hal kecil berikut ini:

Gunakan Barang sesuai Kebutuhan

Contoh yang paling dasar yaitu menggunakan barang berdasarkan kebutuhan. Hal ini perlu diterapkan ketika Anda ingin beralih ke gaya hidup sederhana.

Selain itu, barang yang digunakan bukanlah barang mewah dan tidak ada maksud pamer. Orang yang sederhana biasanya akan membeli barang yang mereka butuhkan saja.

Penampilan Sederhana

Contoh hidup sederhana berikutnya yaitu tampil mengenakan baju yang sederhana dan jauh dari kata mewah. Seseorang yang sederhana menggunakan pakaian sesuai fungsinya, yaitu untuk menutupi tubuh. Bukan untuk bermewah-mewahan.

Makan dan Minum yang Sederhana

Selain pada barang, Anda juga dapat menerapkan gaya hidup sederhana dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Apa yang Anda konsumsi tidak harus mewah, tetapi yang terpenting makanan tersebut memiliki nilai gizi yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap sehat dan bertahan hidup.

Adaptasi Pola Pikir

Pada era ini, kemungkinan besar kehidupanmu telah terisi dengan segala sesuatu yang berjalan cepat dan diwarnai keinginan untuk terlihat mengesankan di mata orang lain. Namun, tidak dapat dipastikan bahwa upaya tersebut akan mendapatkan apresiasi dari orang-orang di sekitarmu.

Dengan memegang pandangan hidup seperti itu, secara lahiriah, Anda mulai melupakan esensi sejati kehidupan. Jadi untuk memulai contoh hidup sederhana, ubahlah cara berpikirmu.

Langkah pertama yang dapat diambil adalah dengan mengatur kembali prioritas dalam hidup dan mengelola keuangan dengan bijak. Selain itu, tanamkan pikiran untuk hanya membeli barang sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan semata.

Seleksi Barang

Tidak perlu mencari jauh-jauh contoh gaya hidup sederhana. Contoh paling dekat yaitu menyeleksi barang-barang yang ada di sekitar. Terlebih bila Anda mulai merasa sesak dan sempit, segeralah lakukan decluttering.

Decluttering merupakan suatu metode untuk memisahkan antara barang yang benar-benar diperlukan dan barang yang tidak pernah digunakan lagi.

Melalui pendekatan ini, Anda dapat lebih memahami kebutuhan yang sudah terpenuhi dan yang masih perlu dipenuhi. Dengan demikian, Anda tidak akan impulsif dalam berbelanja ketika menemui barang yang secara tiba-tiba menarik perhatian.

Gunakan Kendaraan Apa Adanya

Untuk mempermudah mobilitas, tentunya seseorang akan membutuhkan kendaraan atau alat transportasi. Dalam hal ini, Anda bisa memilih transportasi yang layak pakai saja.

Tidak perlu membeli transportasi mewah, apalagi dengan niat ingin pamer dan sombong pada orang lain.

Bersyukur dengan Setiap Pencapaian

Selanjutnya, menjalani kehidupan yang sederhana dapat ditunjukkan dengan sikap bersyukur terhadap setiap prestasi dan pemasukan yang telah diperoleh.

Hal ini perlu dilakukan karena sering kali terlihat bahwa banyak orang tidak pernah merasa puas dengan pencapaian mereka, dan mereka giat berusaha untuk menggapai sesuatu yang dianggap “lebih” daripada yang telah mereka raih.

Pentingnya diingat bahwa, meskipun seseorang berusaha mencapai sesuatu yang dianggap “lebih”, hal tersebut belum tentu membawa makna hidup sederhana atau bahkan kebahagiaan.

Hemat Finansial

Contoh hidup sederhana terakhir adalah memulai praktik berhemat dalam hal keuangan. Banyak orang yang cenderung memprioritaskan keinginan pribadi, akhirnya mereka menjadi boros, kesulitan menabung, dan berinvestasi, sehingga mencapai tujuan masa depan menjadi sulit.

Berhemat dalam keuangan sebenarnya tidak sulit. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan amplop-amplop keuangan, yang dapat membantu memantau dengan jelas pos-pos keuangan Anda.

Dengan mengatur pos keuangan secara terperinci, Anda dapat menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Selain itu, menabung dan berinvestasi sejak hari pertama menerima gaji juga dapat memberikan kontribusi positif pada kondisi keuangan secara keseluruhan, meskipun terlihat sebagai langkah sederhana.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Sumber : Amarta.com 

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Kamis 28 Maret 2024

Previous article

Universal Music Teken Kerja Sama Baru dengan Hybe soal BTS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle