Kota JogjaNews

PMI DIY Siapkan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama

0
Pos Pelayanan Pertolongan Pertama

STARJOGJA.COM, JOGJA – PMI DIY menyiapkan 20 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans di seluruh DIY dalam rangka pelayanan kemanusiaan selama mudik Lebaran Tahun 2024. Sejumlah 919 personel, 21 ambulans, 6 motor ambulans first responder, dan 2 motor trail juga disiagakan untuk membantu masyarakat yang akan merayakan lebaran tahun 2024.

KGPAA Paku Alam X, Dewan Kehormatan PMI DIY sekaligus Wakil Gubernur DIY bersama dengan Ketua PMI DIY, jajaran pengurus, dan beberapa instansi mitra akan melakukan monitoring pos pelayanan ambulans dan pertolongan pertama pada Minggu besok (07/04).

“Kami menyiagakan personel PMI berlatar belakang medis seperti dokter, perawat, bidan, juga relawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yang akan membantu melayani masyarakat merayakan lebaran di DIY. Mereka akan bertugas 24 jam dalam 3 shift perhari mulai H-7 dan H+7 lebaran di tempat-tempat keramaian, jalur-jalur masuk dan keluar DIY dan masing-masing Markas PMI Kabupaten dan Kota,” tutur GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi, Ketua PMI DIY.

Ambulans yang disiagakan adalah ambulans transport, ambulans kegawatdaruratan, serta ambulans motor.

“PMI DIY memiliki 6 ambulans motor first responder di masing-masing Pos Markas PMI DIY dan Kabupaten/Kota. Motor ambulans ini efektif dalam penanganan kegawatdaruratan apalagi saat situasi padat dan ramai. Begitu ada kedaruratan maka motor akan kami luncurkan terlebih dahulu untuk menilai keadaan dan memberikan pertolongan pertama sebelum ambulans kegawatdaruratan,” jelasnya.

Selain itu, PMI juga tetap menyiagakan personel dan armada untuk kejadian kedaruratan lain seperti bencana kebakaran maupun bencana alam lainnya

“Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, personel PMI dengan ambulans akan berkeliling ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti Pantai Selatan Kulon Progo, Bantul, dan Gunungkidul. Begitu juga ke tempat-tempat wisata di wilayah DIY serta antisipasi saat keramaian di tempat-tempat ibadah seperti malam takbiran dan sholat Idulfitri,” jelasnya.

Selain itu, PMI DIY juga akan mengerahkan 20 personel dan 4 ambulans gabungan PMI DIY dan PMI Kota Yogyakarta saat Hajad Dalem Garebeg Sawal 1957 Jimawal/2024 Masehi di Masjid Gede Kauman, Kamandungan, Magangan, Pelataran Keben, Pakualaman, Kepatihan, dan Mangkubumen bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DIY, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Satlinmas Rescue Istimewa DIY, dan Pramuka pada 11 April 2024,.

PMI DIY membuka 1 Posko di Markas PMI DIY, Gamping, Sleman bekerja sama dengan Poltekes Kemenkes Yogyakarta, Universitas Achmad Yani (Unjani), dan PMI Kecamatan Gamping. Posko PMI DIY menyediakan layanan pertolongan pertama dan ambulans serta pusat data dan informasi, pemeriksaan kesehatan dasar, dan menyediakan tempat istirahat.

Personel yang dikerahkan dari medis dokter, perawat Klinik Pratama, Klinik Dialisis, serta personel yang memiliki latar belakang pertolongan pertama. Posko akan beroperasi pada tanggal 6 sampai dengan 15 April 2024 dengan layanan panggilan darurat melalui 0274 501 2949 (telepon dan WhatsApp (WA)).

Infinix Note 40 Series Resmi Meluncur di Yogyakarta

Previous article

Kontrak Rafael Struick Diperpanjang 1 Tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja