Kota JogjaNews

Lebaran 2024, Basarnas Yogyakarta siagakan 81 personil

0
basarnas lebaran

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kantor Basarnas Yogyakarta menyiapkan personil SAR Khusus Lebaran Tahun 2024 untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan. Dalam momentum lebaran 2024, Basarnas Yogyakarta siagakan 81 personil.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi dalam sambutannya mengatakan pemerintah memprediksi 193,6 juta warga masyarakat akan melakukan mudik ke kampung halaman. Berbagai moda transportasi menjadi pilihan dan berpotensi menyebabkan terjadinya kedaruratan seperti kecelakaan lalu lintas.

“Di sisi lain BMKG memperkirakan masih akan terdapat curah hujan dan gelombang tinggi di beberapa wilayah yang dapat memicu bencana hidrometeorologi di sepanjang rute mudik,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya akan menempatkan personel dan peralatan di berbagai lokasi yang rawan kecelakaan serta bencana. Selain itu juga bersinergi dengan berbagai pihak lain. Kantor Basarnas menurutnya juga akan menjadi pos induk, kemudian ada pula posko gabungan di alun-alun utara Yogyakarta.

“Posko gabungan ini antara Basarnas dan potensi SAR,” katanya.

Para personel yang berjumlah delapan orang akan dilengkapi dengan peralatan posko, peralatan komunikasi, vertical rescue, peralatan ekstraksi, peralatan medis, rescue CAR, motor trail, dan ambulans yang siaga 24 jam.

Selain siaga di posko juga akan ada patroli mobile dengan rute di stasiun Tugu Yogyakarta serta terminal Giwangan. Selain itu di masing-masing kabupaten di DIY juga akan ada giat patroli.

Israel Buka Rute Tambahan Pengiriman Bantuan ke Gaza

Previous article

Pernak Pernik Ramadhan : Rose Sherbet, Minuman Berbuka Puasa Khas Timur Tengah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja