Kota JogjaNews

Selama Lebaran, Layanan Darah PMI Tetap Buka 24 Jam

0
pelayanan darah 24 jam PMI.
ilustrasi donor Darah

STARJOGJA.COM, JOGJA – PMI mengapresiasi Relawan PMI yang bertugas di lapangan melayani masyarakat. Selama lebaran, masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan darah 24 jam PMI.

“Mereka adalah garda terdepan dan jantungnya PMI. Penghargaan dan apresiasi yang tinggi kami haturkan untuk para relawan yang bekerja dengan sukarela mengabdikan diri untuk kemanusiaan,” ungkap Ketua PMI DIy, GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi.

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait pertolongan pertama jika mengalami kedaruratan dapat mengunduh dan membuka Aplikasi First Aid atau pertolongan pertama di Play Store. Sementara untuk mengakses informasi stok darah bisa mengunjungi laman ayodonor.pmi.or.id, akun media sosial PMI DIY, dan aplikasi ayodonor khusus untuk pendonor.

Dalam aplikasi ini pendonor bisa membuat profile, mengecek berapa kali donor darah, kapan waktunya donor darah, dan tempat di mana bisa berdonor darah.

Ia mengatakan Selama libur lebaran masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan darah 24 jam PMI, sedangkan pelayanan donor darah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB di 5 Unit Donor Darah PMI Kabupaten dan Kota seluruh DIY.

dr. Suryanto, Sp.PK (K) Ketua Bidang unit Donor Darah PMI DIY mengatakan Stok darah selama Ramadan relatif cukup namun yang perlu diantisipasi adalah setelah lebaran minggu kedua. Biasanya pendonor darah menurun karena banyak yang mudik atau masih fokus silaturahmi sementara permintaan darah sudah normal kembali.

“Kami tetap berharap dan mengimbau masyarakat khususnya pendonor darah sukarela untuk menyempatkan berdonor darah di sela-sela liburannya atau yang akan mudik mendonorkan darahnya terlebih dahulu. Apalagi bagi pendonor darah yang sudah mendapatkan notifikasi dari PMI untuk berdonor darah kembali, bisa bersegera mengunjungi Unit Donor Darah (UDD) PMI agar mereka yang membutuhkan tetap mendapatkan pelayanan dengan baik,” ungkap dr.Suryanto.

Beberapa Unit Donor Darah memberikan tawaran menarik untuk pendonor darah yang berdonor darah selama Ramadan. PMI Kabupaten Sleman memberikan doorprize berupa 4 sepeda listrik yang berlaku mulai 10 Maret sampai 24 April 2024 dan akan diundi pada 8 Mei 2024.

Sementara UDD PMI Kabupaten Bantul memberikan voucher makan untuk yang berdonor darah di UDD PMI Kabupaten Bantul selama Ramadan. Sedangkan UDD PMI Kabupaten Gunungkidul dan Kulon Progo memberikan bingkisan sembako untuk pendonor yang berdonasi di PMI Kabupaten Gunungkidul dan Kulon Progo.

“Doorprize adalah salah satu strategi PMI dalam menjaga agar stok darah tetap stabil dan tersedia untuk masyarakat yang membutuhkan selama bulan Ramadan, selain juga melaksanakan donor darah malam hari di masjid-masjid, pagi harinya di gereja-gereja, vihara atau tempat ibadah lainnya serta tetap mengirimkan pesan melalui media sosial WhatsApp kepada pendonor darah sukarela untuk mengingatkan waktu berdonor darah kembali”, pungkas dr. Suryanto.

Layanan Darah seluruh DIY dapat menghubungi masing-masing Unit Donor Darah di antaranya UDD PMI Kota Yogyakarta melalui 0274 372176 dan 0857 4155 0000, UDD PMI Kabupaten Bantul di nomor 0274 2810022 dan 0898 9279 111, UDD PMI Kabupaten Sleman melalui nomor 0274 869909 dan 0851 9854 4959, UDD PMI Kabupaten Kulon Progo melalui nomor 0274 773244 dan 0821 3340 3011, dan UDD PMI Kabupaten Gunungkidul melalui nomor 0274 394500 dan 0811 3584 111

Pernak Pernik Ramadhan : Rose Sherbet, Minuman Berbuka Puasa Khas Timur Tengah

Previous article

Ini Tips Bawa Kucing Saat Mudik Lebaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja