Lifestyle

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Libur Panjang Mudik Lebaran

0

STARJOGJA.COM, Libur panjang lebaran sebentar lagi akan tiba. Biasanya masyarakat Indonesia akan memanfaatkan waktu ini untuk pulang ke kampung halaman masing-masing dan merayakan hari raya bersama keluarga besar.

Namun, untuk memastikan momen berkumpul dengan keluarga ini berjalan tanpa hambatan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan rumah saat mudik.

Mengutip dari laman Amateur Traveler, berikut adalah 7 hal yang harus Anda lakukan sebelum meninggalkan rumah saat mudik.

Rapikan Rumah Sebelum Mudik

Merapihkan rumah sebelum mudik bisa sangat membantu Anda saat nanti kembali ke rumah. Dengan menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum pergi mudik, Anda akan lebih leluasa saat berkumpul dengan keluarga tanpa harus memikirkan pekerjaan yang ditinggalkan di rumah.

Anda bisa membuat daftar pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, seperti membersihkan permukaan debu, menyedot debu karpet, membersihkan sudut-sudut, dan membuang sampah.

Selain itu, tuangkan larutan cuka dan air ke dalam waktafel dan juga sedikit klorin ke dalam toilet untuk menghindari penumpukan bakteri.

Tunda Kiriman atau Paket

Sebelum meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda menunda kiriman atau paket yang akan masuk ke rumah Anda. Paket yang menumpuk di depan rumah akan menjadi tanda bahwa rumah tersebut kosong, dan hal ini bisa menarik penjahat atau pencuri untuk menargetkan rumah.

Alternatif lainnya adalah Anda bisa meminta bantuan tetangga atau orang kepercayaan untuk mengamankan paket.

Matikan Kulkas

Kulkas adalah salah satu peralatan rumah tangga yang menghabiskan banyak energi. Oleh karena itu, Anda bisa mematikannya untuk lebih menghemat listrik.

Sebelum mematikan kulkas jangan lupa juga untuk menghabiskan atau membuang sisa makanan yang ada di dalam kulkas. Untuk menjaga kulkas agar tidak bau, Anda bisa menggunakan soda kue.

Cabut steker kulkas dan bersihkan bagian dalamnya dengan soda kue yang dicampur air. Anda juga bisa membiarkan sebungkus soda kue terbuka di dalam kulkas untuk menyerap bau dan mencegah tumbuhnya jamur dan lumut.

Hemat Listrik

Selain kulkas, peralatan litrik lainnya juga berpotensi untuk menghabiskan listrik apabila tidak digunakan. Maka dari itu, lebih baik untuk mencabut semua pelaratan yang menggunakan listrik sebelum Anda meinggalkan rumah dalam waktu lama.

Cabut mesin pembuat kopi, microwave, TV, dan juga matikan AC.

Matikan Air

Selain listrik, jangan lupa juga untuk mematikan air atau menghentikan segala aliran air yang mengalir ke rumah, seperti wastafel, keran, dan mesin cuci.

Meskipun saat ini rumah Anda sedang tidak mengalami kebocoran, jangan biarkan apa pun terjadi secara kebetulan.

Jadwalkan Lampu

Mematikan semua lampu sepertinya bisa menjadi solusi ideal saat Anda pergi untuk waktu yang lama. Namun, dengan mematikan seluruh lampu di rumah Anda hanya akan membuat rumah menjadi lebih terlihat kosong dan tak berpenghuni yang akan mengundang pencuri.

Solusinya Anda bisa membeli lampu otomatis yang menyala saat gelap atau Anda bisa memasang lampu dengan sistem pengatur waktu yang bisa diatur kapanpun.

Anda bisa menjadwalkan lampu untuk menyala dan mati pada waktu tertentu. Akan tetapi jika Anda merasa keberatan dengan hal tersebut, Anda bisa dengan mudah menyalakan saja lampu yang ada di teras atau luar. tapi tentu saja opsi ini akan membuat listrik Anda menjadi lebih boros.

Ambil Tindakan Keamanan

Hal terpenting sebelum meninggalkan rumah untuk mudik adalah memastikan rumah tetap aman. Jangan lupa untuk selalu mengunci pintu, jendela, dan pagar dengan benar. Pasang juga CCTV di beberapa titik di rumah agar Anda tetap bisa memantau rumah walaupun sedang mudik.

Jangan lupa juga untuk mengunci barang-barang berharga di brankas. Jika Anda memiliki garasi, parkirkan mobil di dalam dan kunci. Jika Anda parkir di bandara, buatlah reservasi terlebih dahulu. Lebih baik juga untuk memberi tahu tetangga atau orang kepercayaan bahwa Anda akan pergi, dan berikan nomor telepon Anda agar mereka dapat menghubungi jika perlu.

Baca juga : Star Insight Maret 2024

Komika Babe Cabita Meninggal Dunia

Previous article

Gabriel Jesus Tidak Ingin Dibandingkan dengan Harry Kane

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle