NewsNusantara

Tiga Masalah Kesehatan Yang Sering dialami Pemudik

0
masalah kesehatan pemudik
Ilustrasi mudik lebaran (JIBI)

STARJOGJA.COM- NEWS. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan tiga masalah kesehatan yang sering dialami para pemudik, yakni gangguan saluran pencernaan (dispepsia), kelelahan parah (fatigue), dan darah tinggi (hipertensi).

Dalam lawatan ke Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten, Selasa, Budi mengatakan masalah kesehatan itu bisa muncul ketika pemudik terlalu memaksakan diri. Jika merasa lelah, ia mengingatkan masyarakat untuk segera beristirahat.

Bahkan, Menkes menganjurkan pengemudi untuk berhenti sebentar di area peristirahatan setelah menyetir selama empat jam agar terhindar dari kecelakaan.

“Jangan sampai mengantuk. Tekanan darah juga harus dalam kondisi baik,” ujar dia.

Kegiatan angkutan lebaran di Pelabuhan Ciwandan juga didukung Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Banten yang menurunkan petugas kesehatan dan satu unit ambulans.

Terdapat fasilitas rujukan ambulans kegawatdaruratan dengan kelengkapan yang memang sudah standar kegawatdaruratan. Jadi, ketika ada kegawatdaruratan di sana, langsung dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pengendara yang mengalami pegal-pegal dan kurang konsentrasi bisa mendapatkan layanan kursi pijat gratis di pos-pos koordinasi tertentu yang menyediakan layanan kesehatan tersebut, seperti di posko BPJS Kesehatan lantai dua Mal Sosoro, Pelabuhan Merak.

Apabila mengalami keluhan kesehatan, masyarakat dianjurkan mengakses posko kesehatan yang sudah disediakan secara gratis tersebut.

Cara Mencegah Kolesterol Saat Hari Raya Idulfitri

Previous article

Ini Cara Berbagi Foto Lebaran Tanpa Internet

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News