News

Rakyat di Jalur Gaza Banyak Kena Penyakit Bawaan Air

0
Israel dan Iran
Asap mengepul menyusul serangan Israel di dekat Rumah Sakit Indonesia yang kehabisan bahan bakar dan listrik, di Jalur Gaza utara, 12 November 2023. (Foto: REUTERS/Anas al-Shareef)

STARJOGJA.COM, Info – Berada di area perang tentu tidak mudah bagi semua rakyat di dalamnya termasuk di Jalur Gaza yang banyak terkena penyakit bawaan air. Hal ini menurut Koordinator kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk wilayah pendudukan Palestina Jamie McGoldrick menyebut karena kurangnya akses air bersih dan peningkatan suhu.

“Kondisi di sana menjadi semakin panas,” ucap McGoldrick pada Jumat (12/4) seusai merampungkan kunjungan terakhirnya ke Gaza.

“Warga di sana mendapat lebih sedikit air dari yang mereka butuhkan. Akibatnya, penyakit yang menyebar lewat air menyebar karena kurangnya pasokan air yang aman dan bersih serta gangguan terhadap sistem sanitasi,” kata dia menjelaskan.

Ia mengatakan, upaya-upaya untuk memperbaiki pasokan air bersih harus diusahakan demi memperbaiki kualitas hidup masyarakat di Jalur Gaza.

“Kita perlu mencari cara untuk beberapa bulan ke depan demi memastikan kita mendapatkan pasokan air yang lebih baik ke daerah-daerah yang dipadati pengungsi saat ini,” kata McGoldrick.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sanitasi yang buruk dan air yang terkontaminasi memiliki keterkaitan dengan potensi penularan penyakit seperti kolera, diare, disentri, dan hepatitis A.

 

Sumber: WAFA-OANA / Antara

Baca juga : Wah Bahaya, UNICEF Sebut Angka Malnutrisi Anak di Gaza Tinggi

Bayu

Tips Hindari Penipu Online saat Libur Lebaran

Previous article

Bali United Siap Lawan Persikabo 1973 di Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News