EsaiNews

OPINI : Pembangunan Papua Jadi Daya Tarik Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi

0
pembangunan Papua
Ilustrasi Pembangunan di Papua . Jembatan Youtefa, Papua (dok Kementrian PUPR)

STARJOGJA.COM- OPINI. Bumi Cenderawasih menjadi fokus pembangunan yang signifikan di era pemerintahan Presiden Jokowi. Dengan memprioritaskan Papua dalam pembangunan infrastruktur nasional, akan mempersiapkan masa depan masyarakat yang lebih baik.

Staf Khusus Presiden (Stafsus Presiden), Billy Mambrasar mengatakan menjaga keamanan dan stabilitas politik di Papua akan mempercepat pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, dukungan program dan berbagai insentif juga akan semakin mengintegrasikan pembangunan Papua menjadi lebih maksimal dan masyarakat akan mendapat dampak positif.

Salah satu program yang saat ini tengah dirintis adalah petani milenial. Program ini merupakan program yang digagas bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendukung ketahanan pangan di tanah air melalui pemberdayaan para petani muda.

Pemerintah juga terus berkomitmen membangun fasilitas pendidikan dengan mengirimkan banyak tenaga pengajar ke Papua. Sehingga, Papua akan secara cepat setara dengan wilayah lain di Indonesia dari segi kualitas sumber daya manusianya.

Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad mengatakan dalam merencanakan pembangunan, pemerintah memastikan bahwa kepentingan masyarakat di tingkat terendah, yaitu di tingkat distrik dan desa (kampung), juga terakomodasi dengan baik. Perencanaan yang semakin baik dan mempertimbangkan kebutuhan beragam dari masyarakat setempat akan menghasilkan pembangunan yang benar-benar dirasakan dan memberi manfaat bagi mereka yang paling membutuhkan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Hadi Tjahjanto mengatakan pembangunan yang merata dan inklusif di Papua dapat membantu mengurangi ketegangan sosial dan politik serta memperkuat stabilitas wilayah tersebut. Ini dapat mengurangi risiko konflik dan memperkuat perdamaian serta rekonsiliasi di Papua.

Gencarnya pembangunan baik infrastruktur maupun SDM di Papua merupakan langkah positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, Pemerintah berharap dapat menciptakan masyarakat Papua yang mandiri dan berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu dukungan penuh antara pemerintah dengan masyarakat agar pembangunan di Papua dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi Bumi Cenderawasih.

Disisi lain, mendukung penindakan hukum terhadap OPM, sebagai sebuah negara berdaulat, Indonesia memiliki kewajiban untuk melindungi masyarakat dan wilayahnya dari segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu kestabilan dan keamanan. Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan agenda separatismenya, merupakan ancaman serius terhadap kedaulatan negara dan keutuhan wilayah.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menggarisbawahi bahwa tidak ada ruang untuk keraguan dalam memberantas ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pernyataannya mencerminkan komitmen kuat untuk menghadapi OPM dengan segala kekuatan yang ada. Dia juga menyoroti pentingnya melindungi warga sipil dan aparat keamanan dari ancaman yang ditimbulkan oleh OPM, yang sering kali menelan korban tak bersalah.

Selaras dengan Sahroni, Co-Founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menekankan perlunya dukungan politik dari eksekutif dan legislatif untuk memastikan TNI-Polri memiliki mandat yang jelas dalam mengatasi OPM.

Dalam menghadapi tantangan yang kompleks ini, penting bagi pemerintah, DPR, TNI, dan Polri untuk bersatu dalam membentuk konsensus yang kuat dan melakukan langkah-langkah konkret untuk mengatasi OPM. Dukungan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, tokoh adat, dan pemimpin lokal, juga sangat diperlukan untuk memastikan keberhasilan upaya tersebut.

Kolaborasi antara TNI-Polri dan masyarakat dapat memperkuat sinergi dalam melawan ancaman OPM, sehingga upaya penindakan dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Melibatkan masyarakat secara aktif dalam upaya memberantas OPM bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi juga merupakan investasi dalam membangun fondasi yang kokoh untuk perdamaian dan kemajuan di wilayah Papua

Oleh : Clara Anastasya Wompere / Mahasiswa Papua Tinggal di Yogyakarta

“All You Need Is Love”, Buku The Beatles Yang Duduki 5 Besar Tangga Lagu Buku Musikmazon

Previous article

Suho EXO Akan Gelar Konser Solo di Jakarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Esai