FeatureKota JogjaNews

Raperda Pembangunan Kepemudaan Hadirkan Solusi Problem Kepemudaan DIY

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – DPRD DIY menginisiasi Raperda Tentang Pembangunan Kepemudaan. Sejumlah Permasalahan berkaitan kepemudaan di DIY membutuhkan terobosan untuk menghadirkan ruang dan program yang bisa menjadi solusi progresif problem kepemudaan.

Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom, Anggota Komisi D DPRD DIY memandang masih banyak permasalahan yang pelakunya anak muda. Terhadap permasalahan-permasalahan tersebut, tentunya diperlukan langkah kongkrit pembangunan kepemudaan yang menggunakan pendekatan khas anak muda misalnya adaya ruang aksi dan kreasi dan penguatan wirausaha.

“Bonus demografi harus diantisipasi dengan memberikan bekal kemampuan pada pemuda. Mereka harus kompeten dan punya skill menuju Indonesia emas. Pemerintah harus hadir untuk menyiapkan pemuda yang siap bersaing tidak hanya di tingkat regional tapi juga tingkat internasional,” jelasnya.

Secara garis besar raperda ini akan mengatur berbagai hal antara lain: Pembangunan kepemudaan dilakukan melalui pelayanan kepemudaan; Pelayanan kepemudaan diarahkan untuk mencapai indikator-indikator dalam indeks pembangunan pemuda; Pemerintah Daerah menyusun kebijakan dan strategi Pembangunan Kepemudaan yang dituangkan ke dalam Rencan Aksi Daerah; Pelayanan Kepemudaan dilakukan melalui penyadaran Pemuda, Pemberdayaan Pemuda dan Pengembangan Pemuda.

“Pemuda harus mendapatkan support baik dari segi sarana prasarana, penganggaran, maupun keterampilan. Mereka juga harus diberi space untuk ekspresi dan berkreasi terkait kebudayaan ,”

Kepala BPO DIY, Drs. Priya Santosa, M.M menuturkan pemerintah daerah memiliki Program Beasiswa Berkelanjutan bagi Pemuda DIY. Bantuan pendidikan ini nantinya akan menyasar pemuda di DIY yang kurang mampu maupun pemuda yang punya prestasi di bidang kepemudaan dan olahraga. Pada tahap awal, BPO mengalokasikan beasiswa bagi 150 pemuda.

“Selama setahun mereka kami berikan Rp10 juta. Di tahap pertama ini kami memberi bantuan kepada mereka agar bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di manapun, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta” katanya

Priya mengatakan Program Beasiswa Berkelanjutan ini merupakan bentuk perhatian Pemda DIY sekaligus meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di DIY dan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di DIY.

Mengapa Bisa Mengidap Kolesterol Tinggi di Usia Muda?

Previous article

Lapar dan Pengen Ngemil di Sore Hari? Perhatikan Hal Ini!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature