FeatureLifestyle

Sejarah Met Gala, Acara Fesyen Eksklusif The Costume Institute

0

STARJOGJA.COM, Setiap Senin pertama Mei setiap tahunnya, sejumlah selebritas ternama dunia mengenakan busana terbaiknya dan berkumpul di tangga Museum Seni Metropolitan, terbesar di New York AS.

Mereka akan memasuki museum untuk menghadiri perayaan fesyen tingkat tinggi, yang sama sekali tidak ditayangkan ke publik, Met Gala, sebuah acara yang hanya diperuntukkan bagi para pecinta mode dan bahkan tidak disiarkan di televisi.

Gala tersebut jatuh setiap Senin pertama bulan Mei, untuk merayakan pameran utama The Costume Institute milik Anna Wintour setiap tahun. Acara ini juga diawasi oleh pemimpin redaksi Vogue itu.

Tahun ini, pameran tersebut bertajuk “Sleeping Beauties: Reawakening Fashion” dan menampilkan beberapa pakaian tertua dan paling rapuh di museum. Oleh karena itu, para tamu diminta untuk mengikuti aturan berpakaian “Garden of Time,” berdasarkan cerita pendek pada 1962 karya J.G. Ballard, dengan motif bunga yang murung, motif jam, dan bahkan arsip yang luar biasa semuanya diharapkan sesuai dengan temanya.

Wintour terkenal menjaga daftar tamunya, tetapi Zendaya, Jennifer Lopez, Bad Bunny, dan Chris Hemsworth ditunjuk sebagai selebriti yang menjadi ketua pesta tersebut.

Historia Met Gala

Met Gala pertama kali diadakan pada 1948. Met Gala awalnya tidak memiliki daftar pembawa acara yang terkenal, atau sponsor perusahaan yang trendi. Gala ini selalu glamor, tetapi dulunya merupakan acara lokal, terutama pertunjukan bagi para wanita masyarakat di Upper East Side.

Butuh waktu puluhan tahun untuk menyusun strategi dan membangun aliansi dengan Hollywood untuk menjadikan Met Gala sebagai fenomena budaya pop seperti sekarang ini.

Kini, Met Gala bersinar karena merupakan ajang yang tak tertandingi dalam membangun citra selebriti. Gala ini adalah pertunjukan ilusi aksesibilitas dan glamor yang tak terjangkau di hati selebriti modern. The Met Costume Institute lahir dari Museum Seni Kostum, sebuah perpustakaan yang didedikasikan untuk seni kostum teater.

Pada 1946, presiden Lord dan Taylor Dorothy Shaver memutuskan untuk membawa koleksi tersebut ke Met.  Melansir Vox, fesyen, menurutnya, membutuhkan kekuatan budaya yang berasal dari kerja sama dengan museum besar. Sejarahnya perlu dilestarikan dan keberadaannya diakui agar dihormati sebagai bentuk seni yang utama dan penting.

The Met kemudian setuju untuk mengambil koleksi tersebut, dengan peringatan bahwa industri fesyen Amerika akan bertanggung jawab untuk mengumpulkan dana untuk seluruh anggaran operasional tahunan Institut Kostum. Met Gala diadakan atas dasar kebutuhan yang mendesak ini.

Pada saat itu, pesta tersebut direncanakan oleh publisis Eleanor Lambert, dan bahkan tidak diadakan di Met. Itu adalah jamuan tengah malam yang diselenggarakan di institusi Manhattan seperti Waldorf Astoria, Central Park, dan Rainbow Room. Ini adalah acara yang glamor, tapi hanya untuk masyarakat lokal dan orang dalam mode saja.

Pada 1974, Diana Vreeland, juga tiba di Met sebagai konsultan khusus untuk Institut Kostum dari Vogue. Di sana, dia pernah menjadi pemimpin redaksi dan dipecat, menurut rumor, karena menolak memikirkan anggarannya.

Rumor juga mengatakan bahwa bangsawan masyarakat New York Jacqueline Kennedy Onassis dan Babe Paley berkampanye agar dia mengambil jabatan baru. Vreeland membawa keunggulan baru.

Dia memperkenalkan konsep menghubungkan gala tersebut dengan pameran Institut melalui sebuah tema, yang pertama adalah “The World of Balenciaga.”

Pestanya mewah dan romantis, ada musik yang menggugah dan terkadang bahkan wewangian terpompa ke udara, sehingga “terlepas dari mode yang ditampilkan, afar itu selalu terasa seperti sarang opium yang lezat,” kenang desainer Steven Stolman di Town and Country pada 2018.

Majalah New York melaporkan pada 2005 bahwa Vreeland suka menggunakan parfum khas di galeri untuk setiap pesta, dan untuk pameran tahun 1980 di China, Vreeland mengharumkan udara dengan YSL eau de toilette Opium.

Selain melembagakan tema ikonik, Vreeland pertama kali menghadirkan selebriti ke Met Gala. Di bawah pengawasannya, artis-artis terkenal termasuk Andy Warhol, Diana Ross, dan Cher bekerja sama dengan politisi seperti Henry Kissinger.

Setelah kematian Vreeland pada 1989, nasib Gala masih belum jelas. Wintour kemudian diangkat menjadi pembawa acara untuk pertama kalinya pada 1995, tak lama setelah dia menjabat sebagai pemimpin redaksi Vogue.

Namun, pada tahun berikutnya, penghargaan tersebut diberikan kepada saingan Wintour, Elizabeth Tilberis, sesama ekspatriat Inggris dan pemimpin redaksi Harper’s Bazaar. Tilberis-lah yang menciptakan Gala modern pertama.

Met Gala di bawah naungan Tilberis disponsori oleh Dior, yang baru saja menunjuk direktur artistik baru John Galliano.

Diana, Putri Wales, turut hadir pada tahun itu, saat baru saja bercerai dari Raja Charles, tampil dalam gaun slip satin biru rancangan Galliano.

Era Anna Wintour

Tampilan itu menimbulkan sensasi. Setelah Tilberis meninggal karena kanker pada 1999, Anna Wintour kembali mengambil alih Met Gala secara permanen.

Wintour selalu memiliki pemahaman yang cerdik tentang betapa eratnya hubungan fesyen dan selebriti, dan seberapa besar ketergantungan satu sama lain. Di bawah tangan dinginnya, bintang sampul Vogue beralih dari model menjadi aktris.

Wintour juga memastikan bahwa dia dan Gala tetap memegang kendali atas bagaimana semua selebriti tersebut membuat pernyataan fesyen mereka. Seringkali, dialah yang menjodohkan selebriti dengan desainer.

Jadi Ajang Citra Baru Selebriti

Met Gala kini menjadi acara di mana selebriti datang untuk mengungkap citra baru atau menyempurnakan citra lama, yang nengundang decak kagum publik.  Zendaya misalnya, mengumumkan transisinya dari bintang Disney menjadi aktris dewasa dengan memerankan transformasi Cinderella di tangga Met pada 2019.

Penyanyi Rihanna juga membuktikan bahwa dia memiliki kredibilitas fesyen untuk membaca tema dengan nuansa dan karisma yang diperlukan untuk menampilkan tampilan dramatis ketika dia muncul di Met Gala 2015, bertema pengaruh fesyen China di Barat, dengan jubah bulu kuning kekaisaran yang sangat besar dari couturier Tiongkok Guo Pei.

Kim Kardashian juga membangun kesamaan antara dirinya dan Marilyn Monroe ketika dia tiba di Gala 2022 dengan gaun ikonik “Happy Birthday, Mr. President” dari Marilyn.

Met Gala terus memesona, menampilkan kumpulan puluhan selebritas di puncak ketenaran mereka, memanfaatkan sepenuhnya fesyen sebagai bentuk seni dalam pembuatan citra. Namun pada saat yang sama, Gala tetap menjadi misteri yang sangat memikat.

Hanya Vogue yang diperbolehkan mengambil foto di dalam pesta. Acaranya sendiri tidak disiarkan di televisi, tidak disiarkan langsung, dan tidak dapat diakses oleh siapa pun yang tidak diundang secara eksplisit.

Baca juga : Star Insight April

Sumber :  Bisnis.com

Hindari Penyakit Jantung Dengan Konsumsi Makanan Ini 

Previous article

Pertumbuhan Ekonomi DIY Triwulan I 2024 Tertinggi di Pulau Jawa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature