News

Jalan Tol di IKN Pakai Teknologi Finlandia

0
Jalan tol IKN
Ilustrasi Jalan tol ( FOTO : Antara)

STARJOGJA.COM, Info – Jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan berbeda dengan jalan yang ada di Indonesia. Sebab, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan bekerjasama dengan Finlandia menggunakan teknologi dari negara tersebut.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menuturkan bahwa potensi kerja sama tersebut telah dibahas dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (22/5/2024).

Adapun, salah satu teknologi yang akan diimplementasikan adalah smart intelligent sign yang bakal dipasang di jalan tol Balikpapan-IKN.

“Kita akan melakukan pilot project untuk sistem jalan tol ini di Tol Balikpapan-IKN. Kalau setelah itu hasilnya bagus kita bisa tingkatkan implementasinya,” kata Basuki, dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (23/5/2024).

Lebih lanjut, Menteri Basuki menambahkan bahwa pihaknya juga berencana untuk mengimplementasikan smart system di IKN. Kementerian PUPR juga mempertimbangkan advis smart building system dari Finlandia.

“IKN didesain untuk masa depan, untuk itu kita akan menggunakan smart system. Kami butuh advis dari Finlandia karena memiliki teknologi yang tinggi. Jika Finlandia bisa, saya yakin Indonesia juga bisa,” ucap Basuki.

Sementara itu, Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Ville Tavio mengatakan bahwa pertemuan yang digelar kemarin diharapkan mampu mempererat kolaborasi kerja sama antara Indonesia dan Finlandia ke depan.

“Saya harap melalui pertemuan ini kita bisa mempererat kolaborasi di masa depan,” pungkasnya.

Sumber : Antara

Baca juga : Presiden Jokowi Groundbreaking Bandara IKN 

Bayu

Pelatih Mochizuki Satoru Akan Rekrut Naturalisasi

Previous article

146 Monyet Pelolong di Meksiko Selatan Mati, Kenapa?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News