Flash InfoLifestyle

Ini Cara Tetap Bugar Saat Puasa !

0
olahraga tidak seimbang

STARJOGJA.COM, HEALTH – ‘Life is Motion, Motion is Life’kalimat ini tampaknya tepat untuk menjelaskan bagaimana pentingnya untuk tetap aktif bergerak, karena untuk tetap hidup kita harus bergerak dan bergerak adalah sebuah kehidupan.

Maka sangat tepat jika aktif bergerak kita jadikan kebutuhan dalam hidup. Jadi sekarang kita harus menempatkan olah raga sebagai kebutuhan, bukan hanya aktifitas selingan atau pengisi waktu luang. Bahkan masih banyak yang tidak berolah raga meskipun punya banyak waktu luang.

Lalu bagaimana kita bisa menjalankan olah raga saat berpuasa? Kadang berpuasa menjadi alasan kita untuk tidak melakukan olahraga.

Yoga Nugraha Adi,Fisiothreapis RS Panti Rapih Yogyakarta membagikan tipsnya dalam Program Tips Sehat yang mengudara di setiap Jam 08.30 WIB dan 14.30 WIB.

OLAH RAGA SAAT PUASA

Pada saat puasa ini, kita juga tetap dapat melakukan olah raga. Puaa bukan alasan untuk bermalas-malasan berolahraga. Olah raga dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap bugar selama menjalankan puasa.

Kuncinya adalah mengatur waktu dan menentukan jenis olah raganya. Saat berpuasa , energi yang dimiliki tentu saja tidak sebesar biasanya. Karena itu pengaturan waktu dan pemilihan jenis olah raga saat puasa sangatlah penting.

Dengan berpuasa bukan berarti kita absen berolahraga. Mengapa? Sebab dengan olahraga justtru bisa membantu kita dalam proses pengeluaran racun dari tubuh. Ketika saluran pencernaan “diberhentikan” untuk detoksifikasi selama bulan puasa, maka olahraga akan memegang peran mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Inilah yang membuat detoksifikasi tubuh berjalan dengan sempurna.

Waktu Olah Raga selama Puasa

Waktu yang tepat untuk olah raga adalah sehabis subuh dan 1 jam menjelang berbuka puasa. Olah raga dapat dilakukan selama 30 menit. Untuk pemula bisa dilakukan dibawah 30 menit. Hindari berolahraga menjelang waktu tidur. Ini dilakukan agar tubuh diberi kesempatan untuk beristirahat.

Carilah tempat yang sejuk untuk berolahraga. Jika jogging atau olahraga lainnya ditempat terbuka, lakukan di kawasan yang sejuk. Hal ini untuk menghindari pengeluaran keringat berlebih.

Jenis Olah Raga selama Puasa

Tubuh kita memiliki cadangan energi. Aktivitas dan olahraga yang tepat akan mengubah lemak tubuh yang merupakan cadangan energi menjadi glukosa dalam darah, sehingga kadar gula pun menurun. Hal ini menyebabkan rasa malas, lunglai dan mengantuk pun hilang, badan pun semakin terasa bugar.

Tapi karena jumlah energi dalam tubuh kita terbatas maka perlu diatur jenis olahraganya. Olahraga yang dianjurkan selama puasa adalah jenis olahraga kebugaran seperti jalan, jogging dan bersepeda. Hindari latihan-latihan pembebanan karena latihan ini akan sangat menguras energi sehingga kita cepat lelah.

Sesuaikan dengan kondisi Tubuh

Frekuensi olahraga sebaiknya menggunakan kebiasaan berolahraga sebelumnya. Bila kita biasa berolahraga 4 kali seminggu maka frekuensinya dapat dikurangi menjadi 2x seminggu. Akan tetapi jika frekuensi biasa dilakukan setiap hari maka bisa dikurangi menjadi 3-4 kali seminggu dengan porsi latihan 40-50% lebih ringan dari biasanya ( bila kita sekedar menjaga kebugaran dan tidak sedang dlalam satu program latihan tertentu.

Dibanding olahraga berat yang tidak teratur, olahraga yang dilakukan dengan teratur jauh lebih efektif. Olahraga rutin akan membuat metabolisme tubuh lebih teratur dan bisa menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Istirahat Cukup

Istirahat bertujuan memperoleh kembali energi yang digunakan. Dengan istirahat cukup diharapkan akan memperoleh cukup stamina untuk kembali berolahraga di hari berikutnya. Istirahat harus disertai konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah. Kombinasi keduanya memungkinkan tubuh tetap sehat selama puasa.

Perbanyak Konsumsi buah dan Sayur

Saat kita sedang berpuasa, jangan banyak konsumsi makanan berlemak, tinggi garam maupun gula. Imbangi makanan anda dengan sayur dan buah karena makanan inilah yang justru memberikan tenaga lebih banyak dan tahan lama pada tubuh. Disarankan untuk mengkonsumsi madu atau kurma agar tubuh memiliki cadangan energi yang cukup dan gula alami.

Tubuh perlu olahraga agar tidak mudah lemas, bukannya tidak melakukan olahraga karena takut lemas. Oleh karena itu, cobalah untuk tetap aktif dan berolahraga agar tubuh tetap sehat . Selamat berpuasa.! ( DEN)

Sleman Kembali Raih WTP

Previous article

Dandim Magelang Ingatnya Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info