toga

Kopertis V sebut ada 2 PTS yang bangkrut

Starjogja.com, Jogja – Kopertis Wilayah V DIY akan mengajukan dua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk segera ditutup karena karena tak lagi memiliki mahasiswa. Selain itu, saat ini dari total 106 PTS ada sekitar 15% yang terseok-seok dalam mencari mahasiswa.

Dilansir dari laman HarianJogja.com,Koordinator Kopertis Wilayah V DIY Bambang Supriyadi, menjelaskan tahun lalu pihaknya mengajukan satu PTS ke pusat untuk pencabutan izin karena tidak memiliki mahasiswa. Namun karena Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dalam proses pembenahan data, hingga saat ini SK penutupan itu belum turun.

Pada 2017 Ia mencermati ada dua kampus swasta lagi yang akan bangkrut. Bambang enggan merinci identitas kampus tersebut, tetapi ia menyampaikan keduanya berada di level Akademi dan Sekolah Tinggi yang berkampus di Jalan Magelang dan di Caturtunggal, Depok, Sleman dengan jumlah masing-masing satu prodi. Salahsatu dari keduanya merupakan kampus dengan rumpun ilmu ekonomi.

Ia akan mengajukan penutupan kedua kampus itu pusat paling lambat tahun 2018 mendatang, dengan mempertimbangkan setelah menunggu beberapa semester. Hanya saja, salahsatu dari kedua kampus tersebut pengurusnya tidak komunikatif. Beberapa kali Kopertis mengundang untuk hadir sekaligus membahas evaluasi namun tak hadir. Terakhir kali, pada awal 2017 lalu, pernah menyampaikan kesanggupannya untuk perbaikan, tetapi hingga pertengahan tahun tak ada perkembangan, bahkan tak merespon Kopertis. (Am)

Silahkan bergabung untuk diskusi