Growol : Icon KulonProgo yang tak tergantikan

STARJOGJA, KULONPROGO- Bagi anak muda saat ini, mendengar kata growol pastilah menjadi sebuah hal yang tidak biasa.Tak banyak yang tahu apa itu growol.

Memang jika merunut kembali kebelakang, Growol adalah salah satu makanan pengganti nasi yang mempunyai rasa hambar atau gurih yang terbuat dari singkong. Jadi growol merupakan salah satu alternatif pengganti nasi yang sama-sama mengenyangkan.

Masyarakat Kulonprogo lebih mengutamakan makanan yang terbuat dari singkong. Makanan ini disebut growol. Bahannya bukan dari sembarang singkong. Singkong yang dipilih untuk growol biasanya bertekstur lebih keras dibanding singkong lainnya. Tumbuhnya biasa di tanah kering. Hal ini sesuai dengan kondisi tanah di Kulonprogo pada umumnya.

Kini growol telah berubah. Bukan berubah bahannya, melainkan berubah perannya sebagai makanan sampingan. Peran growol tersisihkan dengan adanya nasi. Masyarakat Kulonprogo mulai beralih ke nasi sejak ratusan tahun lalu, ketika beras mulai tersebar di kabupaten di sisi barat Provinsi Yogyakarta ini.

Para pedagang growol saat ini justru menjadikannya sebagai jajanan khas. Para pedagang, seperti masyarakat Kulonprogo dahulu, menjual growol bersama tempe. Begitulah masyarakat dahulu menikmati growol, bersama tempe dan secuil sambal

Silahkan bergabung untuk diskusi