Flash InfoLifestyle

Cara Menggunakan Media Sosisal Pengaruhi Nilai Akademis

0
dam[ak media sosial
Gambar koleksi neton.id

Starjogja.com, Jogja – Apakah Anda termasuk orang tua yang khawatir jika penggunaan media sosial akan memperburuk kemampuan akademik anak Anda. Mungkin hasil studi baru ini akan menjawab kekhawatiran Anda, dan bagaimana mengarahkan cara penggunaan media sosial yang baik. Dimana hasil studi menunjukkan jika menggunakan situs seperti Snapchat, Facebook, atau Instagram memiliki efek minimal pada kinerja akademis.

Melansir Republika.co.id, Jum’at, (23/02), Periset asal University of Bamberg, Jerman, melakukan studi baru yang bertujuan mengklarifikasi apakah media sosial sebenarnya memiliki dampak negatif pada nilai sekolah. Cara yang digunakan dengan melihat 59 studi lain dan melibatkan lebih dari 30 ribu anak muda di seluruh dunia.

Meskipun beberapa penelitian melaporkan media sosial memiliki dampak negatif pada kinerja sekolah, namun ada juga yang menunjukkan pengaruh positif. Sementara beberapa peneliti gagal menemukan hubungan sama sekali.

Dalam tinjauan baru, kajian yang sudah dirilis di jurnal Educational Psychology Review menemukan, siswa yang menggunakan media sosial secara intensif untuk berkomunikasi dengan teman sebayanya tentang topik yang berhubungan dengan sekolah sebenarnya cenderung memiliki nilai yang sedikit lebih tinggi dan tidak rendah.

Tapi, mereka yang sering menggunakan situs jejaring sosial, sering mengunggah pesan dan foto, memang memiliki nilai yang sedikit lebih rendah. Meski tim tersebut menekankan efek negatifnya sangat kecil.

Jadi mungkin kuncinya adalah bagaimana menggunakan media sosial untuk mendukung proses belajar anak Anda agar memberikan efek positif dalam dunia akademis.

 

(Am)

Membuang Sampah Sembarangan Bisa Didenda 50 Juta

Previous article

Hindari 5 Hal Ini Saat Alami Jerawatan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info