3.500 Ayam Disembelih dalam Wilujengan Madilakiran Ki Ageng Wonokusumo

0
2

STARJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – Ribuan masyarakat di tiga dusun yaitu Dusun Wonontoro, Desa Jatiayu, Dusun Warung, Desa Gedangrejo, dan Dusun Banjardowo Desa Gedangrejo, Kecamatan Karangmojo selenggarakan upacara wilujengan madilakiran Ki Ageng Wonokusumo, Senin (12/3/2018).

Ketua Penyelenggara yang sekaligus Ketua Komisi C DPRD, Gunungkidul, Purwanto mengatakan upacara tersebut dalam rangka menghormati sesepuh dan melestarikan budaya yang ada dimasyarakat Gunungkidul.

“Ini merupakan upacara untuk menghormati sesepuh yang 400 tahun lalu menyebarkan agama Islam dan juga mensejahterakan rakyatnya. Kita melakukan ini agar terus mengingat dan mencontoh perbuatan baiknya,” katanya.

Purwanto mengatakan puncak upacara adat itu sendiri diperingati setiap setahun sekali dalam kalender Jawa setiap tanggal 23 atau 25 Jumadil akhir. Dimulai berbagai rangkaian dan Senin (12/3/2018) ini merupakan puncaknya dimana sebelumnya juga ada rangkaian penyembelihan ayam hampir 3.500 ekor.

“Masyarakat dari seluruh penjuru Indonesia yang nadzarnya tercapai, datang ke sini membawa ayam itu dan disembelih lalu nanti di bagikan ke masyarakat,” katanya.Herlambang Jati Kusumo/JIBI/Harian Jogja

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here