Lifestyle

Menderita Tekanan Darah Tinggi? Berikut 10 Jenis Makanan yang Dapat Menurunkannya

0
makanan dihindari musim hujan

STARJOGJA.COM, Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang dapat merusak sistem pembuluh darah. Selain merusak pembuluh darah, Hipertensi juga dapat menibulkan penyakit serius lainnya seperti penyakit jantung, stroke, masalah kognitif, dan penyakit ginjal.

Ada beberapa cara untuk mengurangi atau menurunkan kadar tekanan darah tinggi yang ada didalam tubuh, salah satunya dengan makanan.

Berikut makanan yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi menurut Eat This seperti dikutip, Sabtu (18/2/2023).

  1. Kentang Panggang

Kentang terlebih khusus kentang panggang biasa ternyata bisa bermanfaat bagi tekanan darah. Faktanya, satu kentang panggang sedang menyediakan 13 persen dari nilai harian (DV) untuk potasium.

Meningkatkan asupan potasium dapat menurunkan tekanan darah jika seseorang memiliki riwayat hipertensi. Jadi, kentang panggang menjadi salah satu asupan yang penting untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Blewah

Blewah juga merupakan buah yang populer dengan sumber potasium. Satu porsi setengah cangkir menyediakan 5 persen DV untuk potasium, dan kalorinya yang relatif rendah.

Porsi setengah cangkir yang sama menyediakan kurang dari 30 kalori, memungkinkannya memenuhi berbagai kebutuhan energi. Padukan blewah dan makanan rendah sodium untuk kombinasi protein yang luar biasa.

  1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak yang mengandung lemak esensial Omega-3, seperti mackerel dan salmon, terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

Ikan tersebut memiliki tekstur keras seperti ikan tuna dan dapat dimakan dengan berbagai cara.

  1. Putih Telur

Dalam sebuah penelitian putih telur dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurut data mengonsumsi lebih banyak protein baik dari sumber nabati atau hewani memiliki risiko tekanan darah tinggi jangka panjang yang lebih rendah.

  1. Kiwi

Dikenal dengan daging buahnya yang berwarna hijau cerah, kiwi merupakan buah yang dapat menurunkan tekanan darah.Dalam sebuah penelitian yang membandingkan kemampuan kiwi dan apel menurunkan tekanan darah, kiwil yang lebih berdampak pada tekanan darah.

Untuk menurunkan tekanan tersebut dapat mengkonsumsi tiga kiwi per hari, dan meskipun ini mungkin terdengar seperti banyak, peneliti mencatat satu cangkir kiwi, yaitu sekitar 2-3 buah kiwi, baik untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Beras Merah

Beras merah adalah komponen makanan serbaguna yang mudah disiapkan. Penelitian menyatakan serat tidak larut dalam beras merah dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Pola makan Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) dikembangkan secara khusus untuk membantu individu mengatur tekanan darah mereka dan menyarankan 6 sampai 8 porsi biji-bijian utuh per hari, termasuk beras merah.

  1. Selai

Kacang Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber lemak tak jenuh, yang dianggap sebagai lemak bermanfaat, salah satunya selai kacang. Lemak ini dapat meningkatkan kolesterol dan meredakan peradangan, dan sebagian besar ditemukan dalam makanan nabati.

Bagi yang kurang menyukai selai kacang , dapat mengkombinasikan dengan pisang untuk menambahkan potasium atau roti gandum untuk meningkatkan serat.

  1. Brokoli

Sayuran seperti brokoli juga bisa menurunkan tekanan darah. Satu studi mencatat senyawa dalam sayuran silangan mampu melindungi dari kenaikan tekanan darah pada tikus hipertensi spontan.

Sebagai sayuran umum yang bisa dimasukkan ke dalam salad dan lauk pauk, brokoli adalah sayuran lain yang memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah.

  1. Almond

Kacang memang menjadi makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah, Almond juga bisa dimasukkan ke dalam kacang tersebut.

Penelitian menunjukkan almond mungkin memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah, dan juga dianjurkan sebagai bagian dari diet DASH. Almond mengandung sekitar 160 kalori per ons, menjadikannya camilan berkalori lebih tinggi.

  1. Nanas

Nanas juga merupakan buah yang memiliki sumber potasium besar. Dada ayam dan tenderloin yang dimasak dengan nanas menghasilkan makanan kaya protein dan potasium untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : Kenali Upacara Ganti Dwaja Bregada Jaga Kadipaten Pakualaman

BMKG : Waspadai Potensi Hujan Lebat Hari Ini

Previous article

Pemkab Sleman Siap Gelar Peringatan Hari Pers Nasional 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle