Lifestyle

Waspada Cuaca Panas, Ini Cara mengantisipasinya

0
waspada panas ekstrim

STARJOGJA.COM, Menurut laporan Departemen Meteorologi India menyatakan bahwa gelombang panas kemungkinan akan terus berlanjut di negara-negara bagian seperti Uttar Pradesh, Bihar, Andhra Pradesh, Odisha, Madhya Pradesh, Benggala Barat, Telangana, Chhattisgarh, dan Jharkhand hingga tanggal 20 Juni 2023.

Melansir Times of India, adapun kondisi ini telah menewaskan lebih dari 50 orang di Ballia UP meskipun tidak ada konfirmasi resmi mengenai hal ini.

Dilaporkan bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit mengalami nyeri dada. Merujuk dari adanya kondisi tersebut, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan.

Saat gelombang panas ekstrem melanda, tubuh Anda akan mengalami kelelahan, pusing, sakit kepala, merasa mual, berkeringat berlebihan, kram yang tak tertahankan pada lengan, kaki, perut, detak jantung yang cepat, suhu tubuh yang tinggi, dan akan merasa sangat haus.

The National Disaster Management Authority (NDMA) memperingatkan agar masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah ketika intensitas matahari tinggi, terutama antara pukul 12 siang dan 3 sore.

Hindari dehidrasi

Penting juga untuk menghindari konsumsi alkohol, teh, kopi, dan minuman berkarbonasi karena cenderung membuat tubuh mengalami dehidrasi. Dari segi konsumsi, hindarilah makanan berprotein tinggi.

Dalam cuaca ekstrem ini penting untuk minum air yang cukup dan minum air meskipun sedang tidak dalam kondisi haus. Saat bepergian, Anda juga dapat membawa air sendiri dari rumah atau membuat minum sendiri sebagai alternatif untuk mengatasi dehidrasi.

Bagi Anda yang memiliki anak, pastikan mereka minum air yang cukup. Siapkan berbagai jenis serbat dan minuman buatan sendiri untuk meningkatkan asupan air. Jangan biarkan mereka bermain di luar rumah.

Bila menemukan seorang yang terkena dampak dari gelombang panas. Ada baiknya orang tersebut dibaringkan di bawah tempat teduh. Cobalah untuk menurunkan suhu tubuh dengan menyiramkan air biasa ke kepala. Setelah orang tersebut stabil, berikan minuman biasa untuk merehidrasi tubuh.

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : Jemaah Haji Perlu Daya Tahan Tubuh yang Tinggi

Jadwal Pemadaman Listrik PLN DIY, Selasa, 20 Juni 2023

Previous article

Hobi Berenang? Yuk Waspada Bahaya Yang Mengintai Dari Kolam Renang  

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle