Flash InfoLifestyle

Teh Hijau Terbukti Jaga Tubuh Tetap Langsing

0
Teh daun krokot

, JOGJA-Penelitian terbaru membuktikan khasiat teh hijau yang mampu menjaga tubuh tetap langsing.

Dikutip dari Dailymail, ekstrak dalam teh hijau diduga yang menjadi kunci untuk menjaga berat badan. Sebab teh hijau mampu mengurangi tepung yang terdapat dalam makanan.

Artinya, minuman ini ampuh membantu orang yang mengalami obesitas maupun diabetes.

Dalam riset ini, peneliti melakukan pemantauan atas 28 orang dengan usia 19-28 tahun. Responden diminta untuk memakan semangkuk cornflakes. Sebelumnya peserta diminta untuk puasa selama 12 jam.

Selanjutnya, peserta diarahkan minum air, sebagian di antaranya merupakan air yang mengandung empat gram ekstrak teh hijau dan sisanya hanya air biasa.

Dalam tahapan ini, peneliti secara langsung memantau pernafasan mereka untuk mengetahui seberapa banyak zat tepung yang terurai. Ketika zat tepung sudah tercerna, jumlahnya dapat diketahui dengan menguji seberapa banyak karbondioksida saat bernafas.

Penelitian yang dipimpin Jaroslaw Walkowiak dari Poznan University, Polandia, peneliti menemukan dosis ekstrak teh hijau yang secara efektif mencerna dan menyerap tepung kemudian dibandingkan dengan aneka obat untuk pasien diabetes.

“Ekstrak tumbuhan ini terdapat dimana-mana, harganya terjangkau dan mudah dikonsumsi, jadi teh hijau memang membantu menjaga berat badan dan menjadi terapi bagi pasien diabetes,” ujar peneliti saat menulis dalam jurnal Nature Scientific.

Riset mengenai khasiat teh hijau sebenarnya telah diteliti sejak lama. Pada 2012, sebuah studi yang menyertakan 18 keilmuwan juga sempat melakukan penelitian atas 1.945 orang. Dari penelitian tersebut, diketahui tidak ada hubungan signifikan dengan penurunan berat badan. Namun, peneliti lain menyatakan teh hijau dapat mengurangi kolestrol.

Ahli gizi, Alison Hornby sebelumnya menuturkan, “Di belahan dunia timur, teh hijau telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti arthritis hingga menurunkan berat badan. Selain itu, teh hijau juga dapat mencegah penyakit tak menular, seperti kanker, tetapi bukti yang menguatkan hal tersebut terlalu lemah.”

Tradisi Cing-Cing Goling Dipercaya Datangkan Berkah Dan Rejeki Yang Lebih Baik

Previous article

Berjualan Dari Harga Rp50, Dawet Pendawa Jadi Langganan Artis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info