Kab SlemanNews

Mahasiswa UGM Kembangkan Benih Melon yang Ditanam di Lahan Kritis Karst

0

Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada mengembangkan benih melon yang bisa tumbuh di lahan kritis karst. Benih melon ini mereka beri nama Tacapa.

Melon Tapaca memiliki dua varietas, yaitu Tacapa Green Black dengan ciri warna kulit hitam gelap dan Tacapa Silver dengan ciri warna kulit putih keperakan. Melon Tacapa memiliki ukuran yang besar dengan berat rata-rata berkisar antara 1,7 sampai dengan 3,2 kg.

Peneliti melon UGM, Budi Setiadi Daryono mengatakan karyanya ini akhirnya mendapatkan pengakuan dari Menteri Pertanian melalui Direktur Jendral Holtikultura. Mereka mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Pemberian Tanda Daftar Varietas Tanaman Holtikultura untuk Melon Unggul Tacapa hasil penelitian Fakultas Biologi UGM.

“Akhirnya, melon Tacapa berserta benihnya sudah legal diperdangkan di Indonesia dan melon ini harus terus dikembangkan untuk memperkuat kedaulatan benih Indonesia. Diharapkan melon ini menjadi salah satu produk melon produk Indonesia yang unggul dengan daging buah hijau, sehingga dapat mengurangi ketergantungan benih import,” kata Budi.

Budi menambahkan Melon ini memiliki sejumlah keunggulan yaitu tahan terhadap jamur tepung penyebab powdery mildew dan potensial untuk dikembangkan di lahan kritis karst dalam upaya konservasi lahan.

“Melon ini dapat dibudidayakan menggunakan media tanam abu vulkanik. Jadi sangat cocok untuk DIY yang memiliki beberapa lokasi karst dan abu vulkanik,” tutur peneliti melon itu.

Dia menambahkan, ketahanan melon Tacapa khususnya terhadap jamur tepung dapat meminimalisasi penggunaan pestisida selama proses penanaman. Maka hal ini bisa memperkecil kemungkinan adanya residu pestisida dalam buah melon.

Biasanya, untuk mendapatkan hasil panen yang bagus tidak sedikit petani melon menggunakan pestisida untuk mencegah kerusakan atau pembusukan pada tanaman. Menurut Budi penggunaan pestisida pada komoditas pertanian yang berlebihan menimbulkan potensi bahaya bagi kesehatan petani dan konsumen.

Sejumlah Jalan Penting Bakal Diberi Pembatas Portabel

Previous article

Matahari Department Store hadir di Hartono Mall Yogya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman