Kab SlemanNews

Mahasiswa UGM Rancang Aplikasi “Pasienia” untuk Berbagi Informasi Sesama Pasien

0

Perkembangan dunia teknologi informasi memang harus dimanfaatkan dengan bijak. Terlebih sosial media, harus bisa menciptakan ruang untuk saling berbagi meski sedang sakit. Empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan sebuah aplikasi bernama “Pasienia”.

Melalui aplikasi ini, pasien dapat terhubung dengan pasien ataupun keluarga pasien lainnya untuk berbagi pengetahuan dan informasi tentang penyakit yang tengah diderita.

CEO “Pasienia”, Fadli Wilihandarwo mengatakan awal ide membuat aplikasi ini berawal dari pengalaman mendampingi kenalannya yang menderita kanker paru-paru. Dia mendampingi selama setahun, yakni antara 2013 hingga 2014.
Fadli menambahkan aplikasi ini akhirnya tidak hanya berisi tentang pertemuan antara pasien untuk saling menguatkan. Bahkan para pasien saling berbagi tips dalam perawatan penyakit, seperti bagaimana mengatasi rasa mual yang timbul dari terapi yang dilakukan.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran ini tidak sendiri dalam mengembangkan aplikasi “Pasienia” yang berbasis android. Pada Maret 2015 lalu dia mengajak Haidar Ali Ismail (Jurusan Ilmu Komputer FMIPA) serta Dimas Ragil Mumpuni dan Rusmawati Harya Megasari (Jurusan Manajemen FEB). Baru membuka user, pada Mei 2015 sudah ada 500 pasien yang telah melakukan input data.

“Aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui web Pasienia.com atau di Google Play Store. Namun untuk sementara waktu, aplikasi ini baru menyediakan pilihan menu untuk ngobrol dengan sesama pasien dalam lima kelompok penyakit, yaitu kanker, diabetes, jantung, rubella, dan lupus,” kata Fadli.

Aplikasi “Pasienia” sudah memiliki tiga dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang bergabung secara sukarela. Ke depan mereka berharap akan ada lebih banyak dokter ahli yang mau bergabung dalam “Pasienia”.

Inilah Harga Ponsel Awal Februari 2016

Previous article

Kadipaten Pakualaman Diminta Umumkan Paugeran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman