Flash InfoTechno

3 Malware Ini Paling Sering Serbu Indonesia

0
malware Emotet
malware (istimewa)

Microsoft mengumumkan studi yang mengidentifikasi seranganmalware di negara-negara Asia Pasifik, Malware Infection Index 2016. Disebutkan, ada tiga jenismalware yang paling banyak menyerang komputer di Indonesia, yakni Gamarue, Skeeyah, dan Peals.

Menurut temuan yang didasari oleh data dari Microsoft Malware Protection Center (MMPC) dan Microsoft Security Intelligence Report ini, Gamarue merupakan worm jahat yang umumnya didistribusikan melalui perangkat yang tereskploitasi dan rekayasa sosial.

Sedangkan Skeeyah dan Peals merupakan jenis trojan yang biasanya tak terlihat sebagai file membahayakan dan meyakinkan pengguna komputer untuk memasangnya.

“Tiga malware ini dapat mencuri informasi pribadi Anda, mengunduh malware lain, hingga memberikan akses kepada hacker untuk menggunakan komputer Anda,” ujar Regional Director, Intellectual Property & Digital Crimes Unit Microsoft, Asia Keshav Dhakad, seperti dikutip dariLiputan6.com, Kamis (9/6/2016).

Lebih lanjut, ia memberi penjelasan Gamarue sangat lazim ditemui di kawasan ASEAN. Malwareini paling umum ditemui di seluruh dunia pada 2015. Bahkan, pada kuartal keempat 2015 di Indonesia Gamarue ditemukan pada lebih dari 20% perangkat komputer.

Setelah ditelaah, Gamarue rupanya mencuri informasi dari komputer lokal dan terkomunikasi dengan server command-and-control yang dikendalikan hacker.

Selain di Indonesia, Gamarue juga lazim menyerang komputer di Mongolia. Berdasarkan data yang sama, disebutkan 35 dari 1.000 komputer yang menjalankan Microsoft Software Removal Tool (MSRT) pada 2015 terinfeksi Gamarue.

Sementara Trojan Peals dan Skeeyah dideteksi menghadirkan berbagai ancaman. Dikatakan oleh Keshav, temuan Trojan meningkat 57% dari kuartal kedua 2015 ke kuartal ketiga 2015. Bahkan Peals dan Skeeyah merupakan malware tertinggi yang ditemukan hingga akhir tahun 2015.

Berdasarkan pengamatan, baik Skeeyah dan Peals, dapat mengunduh dan memasang malwarelainnya. Dengan begitu, peretas dapat menggunakan komputer Anda untuk penipuan, berbagi informasi seperti username dan riwayat browsing. Parahnya, malware ini bisa memberikan akses PC Anda kepada hacker secara jauh.

Tahukah Anda ? Dua Lubang di Sisi Sepatu Anda Punya Fungsi Khusus

Previous article

Parkir Pesawat Terbatas, Adisutjipto Tak Menambah Slot Penerbangan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info