Kota JogjaNews

Jagalan Festival hadir sebagai upaya melestarikan kekayaan budaya dan sejarah Kotagede

0

Star Jogja -Yogyakarta. AirAsia menegaskan komitmennya untuk senantiasa mendukung potensi pariwisata lokal melalui peluncuran Jagalan Festival yang berlangsung pada akhir pekan ini di kawasan bersejarah Kotagede, Yogyakarta, menyusul suksesnya inisiatif Jagalan Tlisih Telusur Kampung Pusaka tahun lalu.

Bersama dengan AirAsia Foundation, AirAsia memberikan dukungan pendanaan untuk penyelenggaraan Jagalan Festival selama dua hari ini yang diinisiasi oleh kelompok Arsitek Komunitas Jogja (Arkomjogja) dan Karang Taruna Desa Jagalan, yang dimulai pada tanggal 29 Oktober hingga 30 Oktober 2016.

Jagalan Festival bertujuan untuk memamerkan kekayaan peninggalan dari kawasan yang sarat dengan sejarah, melalui suguhan beragam karya arsitektur, film dan fotografi, serta karya seni lainnya. Rangkaian perayaan tahun ini diawali dengan diselenggarakannya kompetisi film pendek, street art dan selfie photography, mengajak seluruh peserta untuk mengirimkan karyanya dengan tema ‘Pinyi Jagalan’. Pemenangnya, yang akan diumumkan pada tanggal 30 Oktober 2016, akan menerima berbagai hadiah menarik, termasuk tiket AirAsia, dan kesempatan untuk memamerkan karyanya di seluruh saluran media yang dimiliki oleh AirAsia untuk membantu mempromosikan pariwisata sejarah di Yogyakarta.

Sepanjang Sabtu dan Minggu, para relawan muda dan seniman setempat akan menggelar beragam wokshop, diskusi, pameran, pertunjukkan dan kompetisi. Pengunjung berkesempatan untuk mencoba mempraktekkan karya seni tradisional yang langka langsung dari pakarnya. Jagalan Festival terbuka luas untuk menyambut masyarakat berpartisipasi mulai dari pukul 10.00 pagi hingga 10.00 malam setiap hari.

Jantung dari festival akhir pekan ini tetap Jagalan Tlisih Telusur Kampung Pusaka yang menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk mengeksplorasi artefak dan peninggalan sejarah sebuah desa yang berusia ratusan tahun. Festival kali ini juga memperkenalkan rute telusur kampung yang baru yang akan membawa pengunjung melihat peninggalan Kesultanan Mataram yang terkenal. Jagalan adalah salah satu dari lima desa yang membentuk zona inti kawasan bersejarah Kotagede, yang dulunya merupakan ibukota kerajaan Islam pada abad ke-16.(Den)

Makanan Tinggi Protein Terbukti Ampuh Turunkan Bobot Tubuh

Previous article

Jelang Pilwalkot 2017, Warga Diimbau Segera Rekam E KTP

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja