JogjaKUSejarah

Situs Payak : petirtaan Abad 9 Masehi

0

Di wilayah kecamatan Piyungan, tepatnya di Pedukuhan Payak, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, ada sebuah situs bersejarah yang namanya sesuai nama derah tersebut, yakni Situs Payak.Situs Payak berada kurang lebih 200 meter sisi selatan dari jalan raya Jogja-Wonosari km 12.

Situs payak sendiri berupa bangunan berbentuk U yang berada enam meter di bawah permukaan tanah. Berdasarkan data dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, situs ini ditemukan sekitar tahun 1970-an oleh para pembuat batu bata.

situs-payak

Situs Payak.Sumber Gambar : http://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masih berdasarkan data dari BPCB, situs Payak merupakan pertirtaan kuno. Bangunan yang saat ini tersisa adalah bekas tempat pemandian. Bangunannya sendiri terbuat dari bahan batu putih (tuff) dan posisinya miring menghadap ke arah barat daya.Di bawah bangunan bentuk U tersebut terdapat kolam dengan ukuran 3,12 m x 1,24 m.Bangunan petirtaan dari batu putih ini, berdasarkan langgam arca Siva, diperkirakan berasal dari abad IX Masehi.

Hal tersebut berdasar dari bentuk arca Dewa Siwa yang ditemukan. Arca tersebut semula berada di relung dinding, yang hingga saat ini masih bisa dilihat pengunjung.

Meskipun ditemukan pada tahun 1970an, tetapi baru pada tahun 1980 kegiatan penggalian dilakukan, dan berlangsung hingga empat tahap.Dalam kegiatan penggalian tersebut juga ditemukan juga terdapat peripih yang terdiri atas lempengan emas dan perka, serta pecahan kendi gerabah.Dari penumuan tersebut juga bisa diperkirakan di sekitar situs dulunya banyak terjadi aktivitas manusia.

Soto Njepit Tawarkan Sensasi Rasa dan Suasana

Previous article

Goa Jepang Pundong Saksi Penjajahan Jepang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU