Taman Sari, Kampung yang Laris Jadi Lokasi Syuting

0
194

Destinasi wisata heritage di Jogja selalu rajin wara-wiri di berbagai karya visual, baik fotografi maupun film. Salah satunya adalah objek wisata Tamansari yang berada di Kampung Wisata Taman Sari.

Kawasan kampung wisata ini selalu laris manis dijadikan lokasi syuting sejumlah film dan film televise (FTV). Hal ini secara tidak langsung ikut mendorong promosi objek wisata ini, maupun Kampung Wisata ini. Bahkan, kini berbagai keindahan foto komplek wisata Tamansari, Sumur Gumuling, Pulau Cemeti hingga Plaza Ngasem banyak mengihiasi sejumlah akun di media sosial.

Tamansari-Jogja-2

Kampung wisata yang berada di Kecamatan Kraton ini memiliki beberapa objek wisata populer lainnya di dalam kompleks Istana Air Tamannsari, selain Umbul Pasiraman. Di antaranya Pulo Kenongo di mana sebuah pulau buatan yang ditanami pohon kenangan di bagian tengahnya, Pulo Cemeti yakni pulau buatan yang terdapat bangunan melingkar seperti cincin yang disebut dengan Sumur Gumuling, bangunan ini juga difungsikan sebagai masjid. Selain ketiga bangunan tersebut, taman kerajaan dan pemandian putri raja ini juga memiliki berbagai situs-situs budaya lainnya.

Objek wisata Taman Sari pengelolaannya di bawah Kraton Jogja. Kendati demikian, warga sekitar tidak menyia-nyiakan peluang untuk turut membangun kawasan wisata ini. | Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja |

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here