Flash InfoLifestyle

Berbuat baik, rahasia awet muda

0

StarJogja.com, JOGJA –  Semua orang pasti ingin terlihat awet muda, termasuk juga anda. Ternyata untuk menjaga agar tetap terlihat awet muda kita tidak perlu susah-susah melakukan perawatan wajah rutin yang mahal. Sebab, para ilmuwan telah menemukan cara ampuh agar awet muda, yakni berbuat baik kepada sesama.

David Hamilton, penulis buku The Five Side Effects Of Kindness. Doktor di bidang kimia organik itu banyak mempelajari studi yang menunjukkan bahwa berbuat baik sangat bermanfaat bagi tubuh dan psikis seseorang.

Seperti ditulis oleh Republika.co.id, David Hamilton menjelaskan, kelompok molekul tidak stabil alias radikal bebas menghasilkan stres oksidatif yang menyebabkan reaksi fisiologis pengerasan arteri, kehilangan memori, juga penuaan. Dengan berbuat baik, tubuh menghasilkan oksitosin yang melawan radikal bebas tersebut.

Studi yang dilakukan oleh para psikolog dari University of California, juga telah membuktikan bahwa berbuat baik efektif menekan tingkat depresi. Tim tersebut mengujinya pada sekelompok orang yang diminta melakukan lima jenis kebaikan berbeda secara terus menerus selama enam pekan.

Hamilton menganjurkan untuk terlebih dulu berbuat baik kepada orang terdekat seperti pasangan dan keluarga, baru menerapkannya pada lingkungan yang lebih luas. Wujudnya bisa berupa apa saja, seperti berterima kasih, mendengarkan, memuji, memberi hadiah, menawarkan kursi bus kepada penumpang yang membutuhkan, hingga aksi sosial seperti donor darah.
Dan tentu masih banyak lagi cara lain untuk kita bisa berbuat baik terhadap sesama agar bisa menjaga seseorang menjadi lebih terlihat muda. (AM)

Skuter unik dengan harga selangit

Previous article

Dinsos Intensifkan Pengawasan UGB di DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info