Flash InfoLifestyle

Cegah anak tidur sambil ngedot

0

StarJogja.com, JOGJA – Banyak anak yang tertidur sambil menyedot susu dari botolnya. Sensasi mengemut dot memang menyerupai kebiasaan menyusui ketika masih kecil dulu. Padahal, kebiasaan mengedot sambil tidur ternyata membawa dampak negatif bagi pertumbuhan gigi si kecil.

Dikutip dari Bisnis.com, Dokter Gigi Ratu Mirah Afifah mengatakan, tidur sambil ngedot dapat menyebabkan masalah gigi karies pada anak. Dia mengatakan, manis yang terdapat dalam susu akan diubah oleh bakteri dalam mulut menjadi asam yang dapat mengancam kesehatan gigi.

Penelitian menunjukkan anak dengan permasalahan karies memiliki berat badan 80 persen lebih rendah dibanding berat badan ideal. “Childhood Bottle Caries biasanya merusak gigi depan terlebih dahulu sebelum menjalar ke bagian lain,” kata Ratu Mirah Afifah.

Karies dapat menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak ditangani penyakit ini akan menyebabkan nyeri, penanggalan gigi, infeksi hingga kasus berbahaya lainnya.

Untuk menghindari hal itu, orangtua perlu melakukan perawatan yang intensif. Mirah mengatakan, orangtua disarankan segera membersihkan mulut anak sebelum dia benar-benar terlelap.

Mirah mengatakan, kebiasaan ngedot sambil tidur pada anak sangat tidak dianjurkan. Anak, lanjutnya, sudah mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi dari pagi hingga malam.

Berdasarkan data Riskesdas 2013 sekitar 2,3 persen masyarakat Indonesia menyikat gigi pada waktu yang disarankan. Mirah mengatakan, waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah usai sarapan pagi dan sebelum tidur. (AM)

Alarm helm akan bantu cegah helm hilang

Previous article

Waduh ! Ratusan Kru Trans Jogja Ancam Mogok Massal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info