Kab SlemanKota JogjaNews

Kasus KDRT di DIY meningkat dari tahun ke tahun

0

StarJogja.com, JOGJA – Keluarga harmonis tentu merupakan harapan bagi semua orang, namun ternyata untuk membina sebuah keluarga yang harmonis tidaklah mudah. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang terjadi di DIY. Kasus KDRT yang ditangani Polda DIY konstan naikĀ  selama 5 tahun belakangan. Jumlahnya pun memuncak pada tahun 2016 lalu yang mencapai 180 laporan.

Seperti dilansir dari Harian Jogja.com, Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto mengatakan jika ada sejumlah kasus yang tercatat dalam penangan pihak kepolisian, namun demikian tren penyelesaian kasus juga positif.

Dari 180 laporan yang masuk, terdapat 110 perkara yang berhasil diselesaikan oleh pihak kepolisian. Kasus KDRT pada tahun 2012 sebenarnya hanya mencapai 88 perkara. Namun, jumlahnya terus menerus meningkat meski tidak ada lonjakan tertentu. Jumlah tersebut dirangkum dari hasil penanganan petugas kepolisian di Polda DIY maupun jajarannya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (D3AP2KB) Sleman, Mafilindati Nuraini mengatakan sebagian besar kasus kekerasan dilakukan oleh orang terdekat. Masalah KDRT sendiri menjadi tiga problem utama perempuan secara nasional. (AM)

Bank Indonesia Resmikan Kas Titipan di Kabupaten Kebumen

Previous article

Messi Ronaldo berciuman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman